Senin, 29 April 2024 12:18 WIB

Daerah

Potensi Pengembangan UMKM, DPMPTSP Samarinda Turunkan Tim Ahli ke 10 Kecamatan

Redaktur: Redaksi
| 207 views

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda menggelar Final Ekspose, Senin (28/8/2023)

Samarinda, Afiliasi.net – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda melihat peta potensi pengembangan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) 10 Kecamatan di Kota Samarinda.


Kepala Investasi DPMPTSP Kota Samarinda, Aditi mengatakan tim ahli telah turun ke 10 kecamatan untuk mengambil data primer untuk diteliti. Hasilnya kebanyakan nilai investasi masih di bawah Rp3 miliar. Di ini ini masuk ke dalam potensi UMKM.


Sementara, untuk potensi yang lebih besar masih belum tergambar. Hal ini dikarenakan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Samarinda yang masih dalam proses. Penyesuaian ini diperlukan untuk memastikan baik lahan yang harus clean and clear, potensi penyerapan tenaga kerja, hingga potensi yang paling tepat dari 10 kecamatan tersebut.

“Sementara datanya masih dalam lingkup UMKM. Peta Potensi ini guna untuk memetakan potensi baik yang sudah digarap ataupun yang masih bisa dikembangkan,” katanya, Senin (28/8/2023).
Aditi jelaskan tindak lanjut untuk memetakan potensi investasi yang lebih besar pihaknya akan menyusun IPRO (Investment Project Ready To Offer).

Agar investasi yang poetnsinya besar dapat nampak, maka perlu melakukan pemetaan potensi investasi yang kecil. Sebelumnya Kota Samarinda telah memiliki peta potensi, namun masih mencakup 7 Kecamatan sebelum terjadinya pemekaran.


Nantinya, pemetaan ini akan disebarkan melalui website DPMPTSP Kota Samarinda dan akan dicetak sebagai buku. Harapannya para investor dapat melihat hal-hal potensial apa yang dapat dikembangkan sebelum melakukan investasi.


“Jadi kalau buku akan diberi ke tamu langsung dan kalau booklet bisa di website. Ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi siapapun yang ingin menanamkan modal di Kota Samarinda,” pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dpmptsp-samarinda #umkm #kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN