Kamis, 02 Mei 2024 03:20 WIB

Daerah

Kadishub Samarinda Jelaskan Insiden Truk Hantam Portal Jembatan Mahkota 2: Di UU LLAJ Sudah Jelas

Redaktur: Redaksi
| 159 views

Kadishub Samarinda Hotmarulitua Manalu

Samarinda, Afiliasi.net - Seorang buruh pengangkut barang bernama Bahar (54) tewas usai terhantam portal di Jembatan Mahkota 2 (Jembatan Achmad Amiens), Kamis (7/9/2023) pagi.

 
Bahar tewas mengenaskan dengan luka sobek yang serius di bagian dahi karena menghantam portal setinggi 2,4 meter tersebut.

 
Dari informasi yang terhimpun, awalnya mobil pick up yang korban tumpangi melaju dari arah Kecamatan Palaran.

 
Sebelum berangkat, sopir telah meminta korban untuk duduk di dalam kabin. Namun sang korban menolak dan memilih duduk di atas bak.

 
Pasca kejadian itu direspons langsung Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu.

Sebelumnya portal tersebut sengaja dipasang sebagai pembatas lintasan bagi kendaraan yang bermuatan besar atau berkapasitas besar.


“Portal kemarin kita bangun untuk menjaga agar jembatan  tidak mengalami kerusakan yang makin parah atau makin besar,” ungkap Manalu, Jumat (8/9/2023).

 Tujuan adanya portal itu agar kendaraan bermuatan besar tidak lewat.

“Dan agar jembatan itu tidak lagi di lalui oleh kendaraan bermuatan besar,” katanya.

Pada peristiwa ini, Manalu kembali menjelaskan adapaun Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang terkait dengan keselamatan berlalu lintas serta peraturan angkutan jalan.

 “Dalam UU sudah dijelaskan bahwa jenis kendaraan seperti Pick Up, Ranger, atau kendaraan berjenis muatan barang tidak memperkenankan penumpang duduk di posisi belakang bak kendaraan,” jelasnya.

Sebab, hal itu jelas dapat membahayakan dan tidak sesuai dengan UU LLAJ.


“Karena peruntukkan bak bagian belakang kendaraan seperti itu bukan untuk orang atau penumpang, tetapi untuk barang,” tegasnya.

 
Tak lupa, Manalu mengucapkan bela sungkawa terhadap peristiwa tersebut dan kembali mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menghindari hal-hal demikian.

 
“Kami turut berbela sungkawa, dan kami peringatkan kepada seluruh masyarakat agar kejadian ini jangan sampai terulang lagi,” tutupnya. (editor: jon)

 



 


TOPIK BERITA TERKAIT: #dishub-samarinda #kadishub-samarinda-hotmarulitua-manalu #kota-samarinda #truk-hantam-portal-jembatan-mahkota-ii-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN