Senin, 29 April 2024 02:29 WIB

Daerah

Satlantas Polresta Balikpapan Beri Hadiah Bagi Pengendara Motor yang Tertib Berlalulintas

Redaktur: Redaksi
| 190 views

BERI HADIAH - Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani memberikan hadiah terhadap pemotor yang menggunakan helm, termasuk anaknya, di simpang Tugu Beruang Madu, Jumat (15/9/2023) pagi.

Balikpapan, Afiliasi.net - Operasi Zebra Mahakam 2023 di Balikpapan telah berlangsung selama 11 hari.

Selama waktu tersebut, pengendara motor tercatat melakukan berbagai macam pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran seperti  tidak menggunakan helm,  melebihi batas kecepatan, dan melanggar marka jalan sering ditemukan selama Operasi Zebra Mahakam 2023.

Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani, mengungkapkan bahwa pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pengendara sepeda motor.

"Untuk pelanggaran pelanggaran itu didominasi dengan tidak menggunakan helm. Kemudian melebihi batas kecepatan, kemudian melanggar marka ya melanggar marka. Jadi dominasi itu R2 atau sepeda motor," kata Kompol Ropiyani.

Untuk penindakan, paling banyak teguran lisan, kemudian teguran tertulis, tilang manual, terakhir tilang elektronik atau E-TLE.

Selain melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas, petugas juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Salah satunya dengan memberikan ganjaran kepada orang tua yang anaknya tertib berlalu lintas menggunakan helm.

"Jadi kami juga memberikan reward dan punishment. Kalau yang tadi adalah reward apabila orang tuanya memberikan pendidikan dari rumah sejak dini kepada anaknya untuk tertib berlalu lintas," ujar Ropiyani.

Menurut dia, mengedukasi penggunaan helm sebagai pelindung kepala sehingga anak anak bisa menerapkannya sejak dini dan akan dibawanya sampai dengan dia dewasa.

Bagi Ropiyani, itu adalah pendidikan awal dari orang tua, dari keluarga.

Kompol Ropiyani mengimbau kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Dia juga mengingatkan bahwa keselamatan berkendara adalah tanggung jawab bersama.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan yang berlaku. Keselamatan berkendara adalah tanggung jawab bersama," tegas Kompol Ropiyani.

Petugas menghentikan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, melebihi batas kecepatan, dan melanggar marka jalan.

Petugas juga memberikan edukasi kepada pengendara tentang pentingnya keselamatan berkendara. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #operasi-zebra-mahakam-2023 #polresta-balikpapan #satlantas-polresta-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN