Sabtu, 04 Mei 2024 08:40 WIB

Hukum dan Kriminal

Kantongi Identitas Pelaku Penculikan Zahra, Polisi: Bukan Warga Balikpapan

Redaktur: Fera
| 1.597 views

Tangkapan layar rekaman CCTV ketika Zahra dibawa oleh pria tidak dikenal (istimewa)

Balikpapan, Afiliasi.net – Identitas pelaku penculikan bocah berusia 5 tahun, Maritza Adiba Zahra telah dikantongi polisi. Pelaku dipastikan bukanlah warga Balikpapan.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Balikpapan, Ipda Iskandar menyebut pelaku adalah seorang pria kelahiran Sulawesi Utara. Dari bukti tersebut, pihaknya masih terus melakukan pencarian lokasi pelaku. “Kami sudah beritahu jajaran kepolisian di Kaltim bahwa pelaku masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO),” ujarnya, Selasa 13 Juli 2021.

Lebih lanjut, Ipda Iskandar memastikan pelaku yang menjemput Zahra dan yang mengantarkannya ke Musala Al Barokah adalah orang yang sama. Demikian juga dengan kendaraan yang digunakan.

“Kalau untuk jaket ojek online yang digunakan pelaku, kita sudah cek ke kantor ojol itu dan tidak ada pengemudi dengan identitas yang sama dengan pelaku,” jelasnya.

Sehingga, kuat dugaan polisi bahwa jaket ojol yang digunakan pelaku adalah sebagai cara untuk menutup-nutupi identitas.

Tidak hanya itu, polisi juga berhasil menemukan tempat tinggal pelaku. Selama ini, ia bermukim di sebuah indekos di kawasan Sungai Ampal, Balikpapan Selatan. Penyelidikan pun telah dilakukan. Saksi di sekitar indekos membenarkan, beberapa waktu lalu pelaku sempat membuat curiga pemilik kos.

“Sudah kita datangi kosnya untuk menambah bukti. Kata saksi di sekitar kos sempat curiga beberapa malam ada suara anak kecil. Tapi dikira dari rumah lain,” ungkap Ipda Iskandar.

Sebelumnya, Ipda Iskandar menjelaskan, handphone pelaku sempat aktif, ketika dilacak, posisi pelaku berada di Kilometer 45 Loa Janan. Namun setelah melakukan penjagaan di sana selama satu hari satu malam, polisi tidak mendapakatkan apa-apa.

“Kita juga sudah kerjasama dengan Polsek Loa Janan dan Polres Kutai Kartanegara karena itu wilayah mereka,” terangnya.

Ia berharap, dengan sejumlah bukti pendukung yang telah dimiliki, polisi bisa segera menangkap pelaku. “Semoga bisa ditangkap dalam waktu dekat,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #zahra-ditemukan #polresta-balikpapan #penculikan-anak-di-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN