Sabtu, 27 April 2024 07:24 WIB

Daerah

Isran Noor Tanam Pohon di Desa Bunga Muara Kaman, Kukar, Tak Kecewa Emisi Karbon di Kaltim Dibayar Lima US Dollar per Ton

Redaktur: Redaksi
| 186 views

TANAM POHON - Gubernur Isran Noor saat berada di Desa Bunga, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu, (27/9/2023) memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. ist

Samarinda, Afiliasi.net - Gubernur Kaltim Isran Noor hadiri launching Program FCPF-CF Sektor Kehutanan. Kegiatan ini sekaligus peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Provinsi Kaltim Tahun 2023  

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Bunga, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (27/9/2023).

"Kita pantas bersyukur pada Allah SWT diberi kesehatan bisa bersilaturahmi seperti ini. Hari ini dalam rangka bersilaturahmi dengan masyarakat Muara Kaman-Sebulu dan ikut serta memperingati hari menanam pohon indonesia, sekaligus peluncuran FCPF-CF," ungkap Isran Noor.


Isran menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya merawat hutan di Kaltim.


Ini menjadi komitmen Provinsi Kaltim dalam memelihara, menjaga dan merawat secara baik hutan sekaligus memberikan hasil berupa pendapatan World Bank (Bank Dunia).

"Mulai dari zaman Gubernur sebelumnya (Awang Faroek) telah ada program ini. Kami melanjutkan hingga ada pembayaran kompensasi dari dunia terkait penurunan emisi karbon," terangnya.

Hutan di Kaltim sudah mampu menurunkan gas emisi karbon terhitung sejak 2019-2020 dengan total 32 juta ton.

Ada sekitar 10 juta ton emisi karbon ton yang dikonversi World Bank seharga 5 US Dollar per ton.

Meski dibayar 5 US Dollar per ton nya, Isran Noor tak kecewa. Sebab peran Kaltim sebagai paru-paru dunia terwujud dan berhasil ia lanjutkan dari Gubernur sebelumnya.

"Kaltim telah menerima kompensasi Rp1,6 triliun. Masih ada sisa 10 juta emisi karbon yang belum terjual dan ini punya potensi Rp5 triliun jika dihargai 30 sampai 50 US Dollar per ton gas emisi," terang Isran Noor.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan, Joko Istanto menegaskan bahwa launching program FCPF-CF sektor kehutanan dan peringatan hari menanam pohon juga menjadi langkah untuk masyarakat dapat mengelola hutan secara kreatif.

Penanaman di areal demplot rehabilitasi lahan FCPF-CF seluas 15 hektar di Desa Bunga Jadi Kecamatan Muara Kaman setidaknya ditanami secara simbolis dipimpin Gubernur Isran Noor sebanyak 400 batang.

Tanaman Mahoni, Sengon Gaharu, Sukun, Sukun Kuning, Lengkeng Kateki, Alpukat, Durian Musang King, Durian Bawor, Mangga, Nangka, Jambu Kristal dan Jambu Lemon, serta tanaman sela semusim tanaman jagung menjadi media tanam untuk menghijaukan Kaltim. 

"Demplot FCPF juga contoh kegiatan pangan untuk penghijauan sebagai program prioritas Gubernur untuk pemenuhan tanggungjawab sosial dan lingkungan bagi pelaku usaha di Kaltim," terangnya.

Joko menegaskan kegiatan ini telah melebihi target RPJMD.

Dari target 200 ribu hektare sudah 250 ribu yang telah ditetapkan untuk dikelola masyarakat.

"Untuk masyarakat mengelola hutan secara sah, agar tidak jadi penonton dan dulu yang tidak boleh mengelola, kini boleh. Serta ada perizinannya," tegasnya

Pemerintah memfasilitasi agar dalam pengelolaannya, masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraan.

Beberapa ada yang mengembangkan hasil olahan kayu, madu hutan, tanaman pangan, Hutan Tanaman Industri agar terus dikembangkan.

"Masyarakat boleh mengelola tergantung apa yang akan dikembangkan, maunya apa, diskusi lalu dikembangkan. 15 hektare ini dirawat 3 tahun, nantinya hasilnya juga untuk mereka," katanya.

Usai menanam pohon, Isran Noor melanjutkan kegiatan tepong tawar untuk penyerahan alutsista Damkarhutla.

Penyerahan alat ini bertujuan untuk kebakaran hutan dan lahan bersama seluruh stakeholder terkait hingga kegiatan mengantisipasi kerusakan hutan.

"Alhamdulillah kita siap ini. Tahun ini kita mengadakan 6 mobil tangki, slip on 20 dan sudah berada 20 unit lagi di UPTD semua, sudah ada 40-an dengan pompa air tersebar di KPH-KPH, semua unit ada di tingkat tapak," pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #isran-noor #tanam-pohon #muara-kaman-kutai-kartanegara #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN