Rabu, 15 Mei 2024 11:04 WIB

Manca

Kenaikan Kasus Penyakit Pernapasan di China, WHO Buka Suara

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 134 views

WHO Minta Penjelasan Rinci Terkait Peningkatan Penyakit Pernapasan China (Reuters)

Afiliasi.net - Sejak pertengahan Oktober lalu, China terus melaporkan adanya peningkatan kasus "penyakit mirip influenza". Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO meminta masyarakat di China untuk mengikuti "langkah-langkah dalam mengurangi resiko penyakit pernapasan" pada Rabu (22/11/2023).

Pihak badan kesehatan PBB itu menyampaikan pada AFP bahwa mereka telah meminta agar China memberikan informasi rinci terkait penyakit pernapasan yang terjadi di China.

"WHO telah mengajukan permintaan resmi ke China untuk mendapatkan informasi rinci mengenai peningkatan penyakit pernafasan dan laporan kelompok pneumonia pada anak-anak,"ungkap badan kesehatan PBB tersebut. 

China menyampaikan pada konferensi pers Senin (13/11/2023) lalu, lonjakan penyakit pernapasan tersebut berhubungan dengan pencabutan pembatasan COVID-19 dan peredaran patogen lain, seperti influenza dan bakteri umum lainnya yang sering menyerang anak-anak.

Kemudian media dan sistem pengawasan penyakit masyarakat ProMED menyampaikan terdapat peningkatan pneumonia yang tidak terdiagnosis di China Utara dan menyerang anak-anak. 

"Juga telah meminta informasi tambahan mengenai tren terkini peredaran patogen yang diketahui, termasuk influenza, SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan COVID-19), RSV yang menyerang bayi dan Mycoplasma pneumonia, serta tentang tingkat kepadatan yang melebihi kapasitas dalam sistem kesehatan,” lanjut pernyataan WHO.

WHO meminta kepadamu masyarakat di China untuk mengambil langkah pencegahan seperti vaksinasi, menjaga jarak dengan orang sakit, tinggal di rumah saat sakit, mencuci tangan dengan teratur, dan memakai masker kembali.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #who #badan-kesehatan-pbb #peningkatan-penyakit-pernapasan #china 

Berita Terkait

IKLAN