Kamis, 02 Mei 2024 09:50 WIB

Advetorial

Kereta Gantung Pulau Kumala Belum Ada Rencana Perbaikan

Redaktur: Redaksi
| 108 views

Kereta Gantung di Pulau Kumala (Istimewa)

TENGGARONG, Afiliasi.net - Kereta gantung yang menjadi salah satu ikon wisata di Pulau Kumala, Kutai Kartanegara (Kukar), masih belum ada rencana perbaikan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Triyatma, Jumat, (17/11/2023).

Menurut Triyatma, perbaikan kereta gantung merupakan proyek besar yang membutuhkan biaya yang besar pula. Selain itu, ada kendala teknis karena mekanik yang dulu menangani kereta gantung adalah orang Jerman. 

“Mungkin itu nanti perawatannya setelah semua wahana selesai, baru nanti direncanakan lagi,” ujarnya.

Triyatma menjelaskan, teknologi kereta gantung yang ada di Pulau Kumala sudah berbeda dengan teknologi yang sekarang. Mesin yang digunakan mungkin sudah berubah atau berganti, sehingga perlu pemikiran ulang untuk merubahnya. 

“Untuk merubah itu nanti butuh perencanaan selanjutnya. Jadi bisa Dispar atau Dinas PU yang mengerjakannya, karena itu milik pemerintah,” katanya.

Dirinya menambahkan, saat ini Dispar masih fokus untuk menyelesaikan pembangunan dan perbaikan wahana lain yang ada di Pulau Kumala. Ia berharap, kereta gantung bisa segera diperbaiki dan beroperasi kembali agar menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kumala. 

Sebagai informasi, Kereta gantung yang ada di Pulau Kumala, Kota Tenggarong, berhenti beroperasi setelah adanya insiden di tahun 2017, semenjak saat itulah aktivitas kereta gantung dihentikan  pemkab Kukar. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kereta-gantung #pulau-kumala #edi-damansyah #rendi-solihin #dispar-kukar 

Berita Terkait

IKLAN