Kamis, 02 Mei 2024 04:54 WIB

Advetorial

Kekraf Kukar Siapkan Pemuda Lokal untuk Berpartisipasi dalam Pembangunan IKN

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Gladi Sebelum Penampilan pada Kekraf Fest (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak dan mendorong para pemuda setempat untuk berperan aktif dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu upayanya adalah dengan memberikan fasilitas dan bimbingan untuk meningkatkan daya saing mereka di bidang ekonomi kreatif.

Plt Ketua Kekraf Kukar Akbar Haka mengatakan, kepindahan dan kehadiran IKN akan menarik banyak pihak, termasuk pekerja dan pelaku ekonomi kreatif dari luar daerah. Untuk itu, pemuda lokal harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar tidak ketinggalan dalam pembangunan IKN.

“Upaya terkini dari Kerkraf Kukar, adalah ketika IKN pindah, pemikiran pemuda lokal sudah terbentuk dan cepat menyesuaikan kondisi IKN, agar pemuda lokal tidak menjadi penonton di tempat sendiri,” kata Akbar, Jumat (24/11/2023).

Akbar menambahkan, Kekraf Kukar saat ini tengah merancang program kerja yang difokuskan untuk mengembangkan produk lokal yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing tinggi. Program ini diharapkan dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi pemuda lokal.

Sebagai langkah awal, Kekraf Kukar telah mempersiapkan Big Data, yang berisi data pelaku dan produk ekonomi kreatif di tiap kecamatan. Big Data ini akan menjadi acuan untuk menyajikan produk lokal yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat IKN.

Ia berharap, program yang telah dilakukan Kekraf Kukar dapat menjadikan pengusaha lokal tumbuh dan kuat bersama dalam pembangunan IKN Nusantara. 

“Sudah saatnya pelaku ekonomi lokal harus mempunyai jejaring bisnis yang kuat. Strateginya, membangun pola bermitra dengan pemain besar di IKN, dengan menyajikan Big Data produk yang dimiliki, maka pelaku usaha ekonomi kreatif Kukar akan semakin terangkat usahanya,” tegasnya.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #kekraf-fest #kekraf-kukar #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN