Sabtu, 27 April 2024 01:58 WIB

Daerah

Raih 7 Penghargaan Sekaligus, PT Kaltim Prima Coal Buktikan Kehebatannya Mengelola Lingkung Perusahaan

Redaktur: Redaksi
| 135 views

Perwakilan PT Kaltim Prima Coal (KPC) Terima Penghargaan di ISDA 2023 (Istimewa)

 

Kaltim, Afiliasi.net - PT Kaltim Prima Coal (KPC) kembali meraih penghargaan dari Lembaga Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dan Badan Perencanaan Nasional (Bapenas), untuk program pengembangan Masyarakat dan pemulihan lingkungan tahun 2023. Penghargaan diraih dalam ajang Penganugerahan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA 2023), di Jakarta, Senin (4/12/2023) lalu.

Pada ajang ini, ada dua kategori yang dinilai, yakni Indonesia Sustainable Development Goals Awards (ISDA) dan Indonesia CSR Awards (ICA) tahun 2023. Untuk kategori ISDA, KPC meraih dua platinum dan dua Gold. Sedangkan pada kategori ICA, meraih tiga Platinum.

Dua penghargaan Platinum ISDA yang diraih KPC, disumbangkan dari program reklamasi pascatambang dan pemanfaatan air permukaan. Dua program tersebut adalah Program Kesuksesan Area Reklamasi Dalam Aktivitas Penyerapan Karbon dan Program Substitusi Air Permukaan Dengan Air Baku dari J Void Untuk Mendukung Kebutuhan Operasi Nursery KPC. 

Sementara dua Gold dari kategori ISDA disumbangkan dari program kesehatan masyarakat dan peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan agribisnis. Dua penghargaan tersebut adalah Program Pendampingan Kader Pendamping Minum Obat TB dan Program Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga.

Pada kategori ICA, KPC meraih tiga Platinum sekaligus. Yakni, dari Program Pengoperasian Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Dalam Rangka Pengurangan Gas Rumah Kaca, Program Pengelolaan Lokal Kontrator, Berdaya Bersama Rekanan Terkelola untuk Sejahtera Semua dan Program Lembaga Sertifikasi Profesi P1 untuk SMK.

Tujuh penghargaan ini diterima oleh Manager Environment KPC Kiagus Nirwan, Manager Community Empowerment Nanang Supriadi dan Superintendent Contract Support Lina Widiyawati.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada CFCD dan Bapenas atas penghargaan yang diberikan kepada KPC. Menurut Wawan, penghargaan tersebut membuktikan bahwa tata kelola lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat dinilai sangat bagus. 

“Terima kasih kepada CFCD dan Bapenas yang telah memberikan penghargaan untuk KPC. Ini membuktikan bahwa tata Kelola lingkungan perusahaan sangat bagus dan program pemberdayaan masyarakat juga dirasakan langsung manfaatnya,” kata Wawan.

Wawan lebih lanjut mengatakan, selama ini memang program CSR dan lingkungan KPC selalu inline dengan tujuan millenium goals atau Millenium Development Goals (MDGs). Ada dua program lingkungan KPC yang dinilai telah berkontribusi dalam pencapaian tujuan MDGs 13.2 (b), yakni Inisiatif/kegiatan dan Tindakan Mitigasi Perubahan Iklim.

Dua program tersebut adalah Program Peran Kesuksesan Area Reklamasi Dalam Aktivitas Penyerapan Karbon dan Program Substitusi Air Permukaan Dengan Air Baku Dari J Void untuk Mendukung Kebutuhan Nursery KPC di Swarga Bara, Sangatta.

Sedangkan untuk Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon lebih berkontribusi terhadap MDGs 8.3 (a), yakni Peningkatan Peluang Usaha dan Kerja Bagi Masyarakat. Program Pendampingan kader PMO (Pendamping Minum Obat) TB, telah berkontribusi terhadap pencapaian tujuan MDGs 3.3, yakni Pencegahan Penyakit Menular.


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-kaltim-prima-coal #isda-2023 #ica-2023 #kaltim 

Berita Terkait

IKLAN