Rabu, 19 Juni 2024 08:00 WIB

Kuliner

Alasan Cokelat Jadi Pemberian Setiap Hari Valentine: Lambang Kesetiaan?

Redaktur: Siti Mu'ayyadah
| 400 views

Cokelat Valentine

Afiliasi.net – Memasuki bulan Febuari artinya sebentar lagi dunia akan merayakan Valentine atau hari kasih sayang pada setiap tanggal 14 Februari.

Pada hari kasih sayang, biasa identik dengan pemberian cokelat kepada orang terkasih. Baik laki-laki atau perempuan akan memberikan coklat kepada pasangannya jika dia mau.

Rupanya tradisi ini telah dilakukan sejak abad ke-19. Pada saat itu, Ratu Victoria adalah pemimpin yang tengah berkuasa pada zamannya.

Mengutip dari Suara.com, cokelat dianggap bisa menjadi pemberian yang tepat untuk merayu lawan jenis pada masa itu. Disebutkan pula bahwa pertukaran cokelat antara seorang pria dan wanita dapat menjadi pernyataan cinta, dan memulai sebuah hubungan yang baru.

Hal tersebut juga didukung dengan produsen cokelat yang mengambil kesempatan dengan meyakinkan pelanggan makna dari cokelat itu. Dikatakan bahwa ada hubungan yang erat antara pengorbanan uang dalam membeli cokelat dan rasa cinta yang dimiliki seseorang. 

Tidak hanya itu, ternyata pada masa peradaban kuno cokelat dianggap makanan "mewah" oleh suku Maya dan suku Aztec. Dua suku ini menganggap bahwa cokelat merupakan lambang kasih sayang, kenyamanan, dan sensualitas. 

Selain cerita sejarahnya, ternyata yang membuat cokelat menjadi makanan yang istimewa adalah berasal dari kandungannya. Kandungan yang ada di dalam cokelat dipercaya dapat membangun kebahagiaan dan merangsang hormon yang memicu perasaan tersebut.

Dari situlah cokelat menjadi pemberian yang berharga di saat hari Valentine. Sekedar informasi, Pemilu 2024 jatuh di hari yang sama dengan hari Valentine yaitu 14 Februari 2025. Bagi yang sudah memiliki hak memilih, silakan coblos pilihan kalian ya!

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #valentine #februari #cokelat 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler