Rabu, 19 Juni 2024 08:24 WIB

Lifestyle

Keutamaan Beribadah pada Hari Nisfu Syaban

Redaktur: Redaksi
| 404 views

Nisfu Syaban

Afiliasi.net - Tepat pada Sabtu malam, umat islam di Indonesia akan memasuki Nisfu Syaban di 2024. Terdapat ibadah yang kerap dilaksanakan di hari pertengahan bulan Syaban menurut perhitungan kalender Hijriah ini.

Pada Nisfu Syaban ini muslim disarankan untuk melakukan shalat malam dan berpuasa di siang harinya. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far,

"Apabila malam nisfu syaban (pertengahan bulan Syaban), maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya. Sesungguhnya Allah pada malam itu turun ke langit dunia hingga terbit malam hari. Dia berfirman, 'Ingatlah, adakah yang memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya. Adakah yang memohon rezeki, niscaya Aku akan memberinya. Adakah yang sedang ditimpa ujian, niscaya Aku akan menyelamatkannya. Begitu seterusnya, hingga terbit fajar."

Tak hanya itu, terdapat pula dalil shahih yang menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah salah satu yang paling rajin berpuasa di bulan Syaban.

"Tidaklah aku melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban." (HR Bukhari dan Muslim).

Pelaksanaan puasa ini diiringi dengan berbagai keutamaan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa yang mengerjakan puasa 3 hari sejak awal bulan Syaban dan 3 hari di pertengahannya kemudian 3 hari di akhirnya, niscaya Allah SWT menuliskan baginya 70 pahala para Nabi dan dia diberi pahala sama dengan orang yang beribadah kepada Allah selama 70 tahun dan sekiranya mati, di tahun itu akan mati syahid."

Kemudian, dalam buku "Meraih Surga dengan Puasa" karya H Herdiansyah Achmad LC, disampaikan hadits dari Ali bin Abi Thalib yang menyebutkan sabda Rasulullah SAW:

"Jika datang malam Nisfu Syaban, sholatlah dan puasalah pada siang harinya. Karena Allah SWT akan menurunkan ampunannya di malam itu, mulai dari terbenamnya matahari hingga pagi hari. Kemudian Allah berfirman, 'Ingatlah Aku akan mengampuni orang yang meminta ampun dari-Ku, ingatlah Aku akan memberikan rezeki pada orang yang meminta rezeki kepada-Ku, ingatlah Aku akan mengabulkan orang yang meminta kesehatan kepada-Ku, dan ingatlah Aku akan begini dan begitu (yakni meminta apa saja) meminta pada Allah SWT sampai munculnya fajar (HR. Ibnu Majah).

Niat Puasa Nisfu Syaban

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa dianjurkan bagi muslim untuk berpuasa di hari Nisfu Syaban ini. Nah, berikut ini merupakan bacaan niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu souma ghadin 'an ada'i sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

Artinya: "Hamba niat puasa sunah Syaban esok hari karena Allah SWT."

Niat puasa Nisfu Syaban dapat dibaca setelah usai shalat Isya.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #malam-nisfu-syaban #ibadah #muslim #puasa 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler