Sabtu, 04 Mei 2024 11:27 WIB

Nusantara

Rincikan Anggaran Rp 15 Ribu Program Makan Gratis Dapat Apa Saja, Chef Arnold Malah Kena Rujak Netizen Karena Ini

Redaktur: Redaksi
| 154 views

Chef Arnold (Instagram)

Afiliasi.net - Arnold Poernomo atau yang kerap dispaa Chef Arnold tuai kritikan dari netizen hingga trending di platform X setelah membela program makan gratis yang dicanangkan oleh Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Banyak informasi yang beredar menyebutkan program makan siang gratis itu akan diberikan dana sebesar Rp 15 ribu. Hal ini menuai kritikan masyarakat yang memperkirakan jumlah anggaran itu tidak cukup untuk memenuhi gizi anak-anak.

Namun menurut Chef Arnold, anggaran Rp 15 ribu per satu porsi sudah lebih dari cukup. Ia bahkan merinci harga bahan pokok yang diketahuinya.

"Jangan Omdo. Baik sini coba dirinci," tulisnya di akun @ArnoldPoernomo pada Jumat (1/3/2024).

Juri MasterChef Indonesia itu merinci harga beras 18rb/kg. Satu porsi nasi adalah 50 gram beras senilai Rp900 (belum berat jadi nasi).

Kemudian Chef Arnold juga merincikan harga setiap lauknya dengan memperkirakan harga telur 17rb/kg sehingga 1 butir memiliki berat 70g-an. Per porsi diberi dua butir telur yang harga totalnya Rp Rp2.400an.

Selain telur, ayah dua anak itu juga memasukkan ayam sebagai lauk dengan harga 20rb/kg. Satu porsi diberi sepotong ayam seberat 100 gram senilai Rp2.000.

Gizi dari sayuran berupa brokoli, wortel dan pakcoy yang harganya dipukul rata-rata 25rb/kg. Jadi, harga 150 gram sayur (sebelum penyusutan) hanya sekitar Rp3.750.

"Bumbu, minyak, seasoning dan lain-lain anggap 4000. Total kurang lebih Rp13.050 pakai daging sapi mungkin bisa lebih mahal dikit," imbuhnya.

Lantas penjelasan rinci tersebut langsung diserang oleh netizen. Banyak yang menyebutkan rincian sang koki tidak akurat bahkan keliru.

"Jadi selama ini lo jadi chef, nggak pernah ngerjain costing? Telur 17rb/kg, ayam 20ribu/kg. HADEUH," cibir akun @NoniZara.

"Ayam 20k/kg itu zaman kapan? Ternak sendiri atau gimana? Kelihatan banget nggak pernah ke pasar asal nyeplos ae mengarang bebas gitu," kritik akun @itsquaileggs.

Chef Arnold telah mengoreksi harga telur dan daging ayam di cuitan baru. Namun hujatan masih belum berhenti hingga saat ini.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #chef-arnold #program-makan-gratis #prabowo #anggaran 

Berita Terkait

IKLAN