Sabtu, 13 Juli 2024 06:55 WIB

Nusantara

Orang Dalam Bocorkan Gaya Kepemimpinan Prabowo, Lebih Bagus dari Presiden Jokowi?

Redaktur: Redaksi
| 315 views

Prabowo Subianto dan Joko Widodo. (Dok. Sekretariat Kabinet)

Afiliasi.net - Juru bicara Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hasan Nasbi, mengungkapkan perbedaan gaya kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Sebagaimana diketahui, sejumlah pengamat politik menilai kemenangan Prabowo-Gibran tak terlepas dari peran Jokowi atau yang disebut Jokowi effect. Meski kalah saat menjadi rival di dua Pilpres sebelumnya, Prabowo kini bersahabat dengan Jokowi dan menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya.

Meski begitu, Hasan mengungkapkan kedua tokoh itu sangat berbeda dalam hal kepemimpinan. Hal ini dapat terlihat dari cara keduanya mengorganisir tim relawan.

"Masing-masing orang punya gaya sendiri," kata Hasan Nasbi saat jadi pembicara di Youtube NALAR TV INDONESIA, dikutip dari Suara.com, Selasa (2/4/2024).

Menurutnya, Jokowi memiliki stamina yang cukup bagus sehingga kuat untuk terjun langsung mengurus detail-detail terkecil sekalipun yang ada di relawannya.

"Relawan-relawan diurus Pak Jokowi satu per satu dan dia punya stamina untuk mengurus itu," tuturnya.

Berbeda dengan Jokowi, Prabowo Subianto lebih memilih membentuk tim besar dengan memprioritaskan kerja sama antar anggotanya agar lebih efisien.

"Yang kemarin itu, dari sisi pengorganisasian tim dari tim juru bicara TKN sangat rapi, semua satu pintu. Begitu dikomando seperti ini, semua langsung ikut. Jauh lebih rapi termasuk penjadwalan," ujarnya.

Menurutnya, Jokowi memiliki energi untuk mengurus segala hal hingga ke level mikro manajemen. Sementara Prabowo tidak terjun langsung ke timnya, melainkan menjalankan sistem komando.

"Dia (Prabowo) butuh orang-orang di bawahnya yang bisa dipercaya dan bisa bekerja detail. Prabowo lebih ke pembuat tim, timnya yang bekerja sangat detil, dia komando. kalau Pak Jokowi orangnya detil," jelas Hasan. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #prabowo-subianto #joko-widodo #gibran-rakabuming-raka 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler