Jumat, 20 September 2024 06:43 WIB

Advetorial

Bupati Kukar Edi Damansyah Hadiri Festival Cenil Desa Kota Bangun III, Angkat Tradisi dan Ekonomi Lokal

Redaktur: Redaksi
| 65 views

Bupati Kukar Edi Damansyah Saat Menghadiri Festival Cenil Desa Kota Bangun III. (Istimewa)

Afiliasi.net, Kukar - Bupati Kukar Edi Damansyah menghadiri acara Festival Cenil Desa Kota Bangun III dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-41 desa tersebut tahun ini. Acara berlangsung di Gedung Serbaguna dan halaman Kantor Desa Kota Bangun III pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Bupati Edi Damansyah juga berkeliling dan mencicipi beberapa jenis cenil yang dibuat masyarakat pada stan pameran. Sebelumnya, Edi juga sempat ikut berjoget saat anak-anak dari Sanggar Seni Turonggo Setyo Budoyo, Dusun Bejo membawakan tari ganowok.

Bupati juga mengapresiasi penampilan dari TP PKK Desa Kota Bangun III yang menampilkan tari gejung lesung. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Markasul Yatama Ali Maghfir kepada masyarakat prasejahtera. Bantuan bersumber dari dana Bumdes Kota Bangun III.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah mengucapkan selamat ulang tahun untuk Desa Kota Bangun III. Menurutnya, menapaki usia 41 tahun ini tentu bukanlah rentang waktu yang singkat bagi eksistensi Desa Kota Bangun III.

Berbagai kemajuan pembangunan disertai dengan pencapaian beberapa prestasi tentu pantas untuk diapresiasi. Termasuk juga dengan penyelenggaraan Festival Cenil seperti yang dilaksanakan saat ini.

Selain unik, kegiatan ini juga menarik dan kreatif. Festival ini menjadi bagian penting dari upaya mengangkat kekhasan dan identitas desa serta menjaga tradisi dan kekayaan budaya yang dimiliki.

“Desa harus di-branding agar memiliki ciri khas tersendiri. Hal itu bisa menciptakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Edi berharap kegiatan ini dan kegiatan sejenis lainnya terus dilaksanakan.

“Jangan lupa bulan Mei tahun depan untuk datang ke Desa Kota Bangun III untuk ikut serta meramaikan Festival Cenil,” pinta Edi.

Kepala Desa Kota Bangun III Lilik Hendrawanto mengatakan, kegiatan ini dibuka langsung Bupati Kukar Edi Damansyah. Kemudian bupati melakukan ramah-tamah dengan berkunjung ke stan-stan cenil yang dijaga ibu-ibu RT, kepala desa, dan tokoh masyarakat.

"Yang menyediakan cenil ini bukan hanya dari RT. Lembaga kemasyarakatan juga menyediakan cenil. Kota Bangun III ada 21 RT, satu RT menampilkan 1 loyang cenil total kurang lebih ada 60 loyang,” jelasnya.

Festival Cenil merupakan agenda tahunan. Selalu diadakan saat HUT Desa Kota Bangun III. Rangkaian kegiatan HUT desa dimulai 29 April dibuka dengan Kota Bangun Bersholawat, mengundang Ustaz Fathull Amin (Kang Amin). Dilanjutkan dengan turnamen mini soccer, lomba bertutur atau mendongeng, hingga lomba mewarnai.

Kami mengadakan beberapa kegiatan ini kurang lebih satu bulan. Karena setelah acara ini juga ada turnamen bola voli. Tapi puncak acaranya kita mengadakan Festival Cenil, bazar UMKM, bazar perpustakaan dan ada kesenian kuda lumping," ungkapnya.

Festival Cenil ini intinya makan cenil bersama-sama. Tujuannya mengembangkan UMKM di Desa Kota Bangun III.

“Kalau bicara cenil ini sudah menjadi makanan Nusantara, bukan lagi makanan dari Jawa. Dan, makanan yang berbahan dari singkong ini dilestarikan di Kukar,” ujarnya.

Dengan adanya Festival Cenil ini masyarakat Desa Kota Bangun III semakin guyup rukun, toleransinya semakin tinggi, dan hidupnya semakin makmur. Juga mampu berpikir bagaimana bisa berkembang karena teknologi semakin maju. 

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #festival-cenil #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler