Minggu, 08 September 2024 10:00 WIB

Advetorial

Bupati Kukar Minta Jajaran OPD Optimalkan Serapan Anggaran Tahun 2024

Redaktur: Redaksi
| 88 views

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah (Yah/Afiliasi)

Afiliasi.net- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengoptimalkan serapan anggaran tahun 2024. Arahan ini disampaikan dalam rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pelaksanaan semester pertama APBD 2024 di BPKAD Kukar, Senin 20 Mei 2024.

Menurut Edi, Rakor dan evaluasi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana realisasi anggaran selama semester pertama.

“Dari gambaran evaluasi triwulan pertama, ada beberapa yang harus dilakukan percepatan realisasinya,” kata Edi, merujuk pada OPD yang serapannya masih di bawah atau di atas 20 persen.

Pemkab Kukar juga akan menganalisis lebih lanjut untuk memastikan apakah diperlukan penambahan anggaran di APBD 2024 atau adanya kebijakan lain sesuai kondisi program yang dievaluasi. APBD 2024 sendiri mencapai sekitar Rp 13,3 triliun, jumlah tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Edi Damansyah menekankan perlunya perubahan budaya kerja dan pola pikir di kalangan OPD. Dengan kenaikan APBD yang signifikan, jumlah program kegiatan juga meningkat.

“Jangan sampai mindset dan budaya kerja kita sama seperti dulu saat anggaran kita sedikit, sementara sekarang dengan anggaran yang meningkat, program kegiatan juga banyak,” tegas Edi.

Ia juga meminta OPD untuk melakukan evaluasi data, seperti dalam layanan dasar air bersih. Meski pembangunan infrastruktur seperti Pamsimas hampir mencapai target, optimalisasi layanan masih perlu ditingkatkan karena masih ada desa yang belum sepenuhnya menikmati layanan air bersih.

“Nah, ini yang saya minta datanya harus konkret dan konsisten, jangan sampai tidak ditangani. Karena ini kebutuhan dasar,” kata Edi mengakhiri.


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN