Sabtu, 27 Juli 2024 03:47 WIB

Advetorial

Edi Damansyah: RT dan TP-PKK Berperan Penting dalam Menurunkan Angka Stunting

Redaktur: Redaksi
| 224 views

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah (Yah/Afiliasi)

Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menekankan pentingnya peran ketua RT dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar rutin memeriksakan kesehatan ke Puskesmas.

Peran itu dinilai krusial, sebagai salah satu upaya mengurangi angka stunting. Sebagaimana diketahui, saat ini angka stunting di Kabupaten Kukar masih di angka 17 persen, kurang 3 persen dari target nasional, yakni 14 persen.

Dalam pernyataannya, Bupati Edi menyampaikan, kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan masih rendah. Hal ini berdampak langsung menyumbang angka stunting di wilayah Kukar.

“Kurangnya kesadaran untuk memeriksa kesehatan secara rutin menjadi tantangan besar untuk menurunkan angka stunting. Oleh karena itu, peran ketua RT dan ibu-ibu kader PKK sangat vital, dalam mengedukasi dan mengajak masyarakat,” tegas Edi Damansyah, Senin 27 Mei 2024.

Edi mengajak Ketua RT dan TP-PKK untuk aktif menyosialisasikan pentingnya pemeriksaan kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan balita. Menurutnya, jika tingkat kesadaran masyarakat mulai tumbuh, maka mereka akan mulai rutin memeriksakan kesehatannya.

“Kami meminta dukungan para Ketua RT, agar ada peran. Setiap jadwal-jadwal posyandu itu dibuka untuk memberikan informasi kepada warganya. Juga ibu-ibu kader PKK dan Posyandu,” pesannya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sendiri telah meluncurkan berbagai program untuk menurunkan angka stunting, termasuk pemberian makanan tambahan bergizi, pemeriksaan kesehatan rutin, dan edukasi mengenai pentingnya asupan nutrisi yang seimbang.

Namun, program-program ini memerlukan dukungan penuh dari masyarakat agar dapat berjalan efektif. Edi juga menekankan pentingnya kerja sama antara Puskesmas, Ketua RT serta TP-PKK untuk pemantauan kesehatan warganya di lingkungan masing-masing.

“Sebetulnya itu adalah salah satu fungsi Puskesmas yang dikembang tugas oleh Dinas Kesehatan. Itu yang selalu saya ingatkan. Puskesmas tidak bisa kerja sendiri, libatkan PKK,” tegas Edi Damansyah.

Dengan peran aktif dari ketua RT dan TP-PKK, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan dapat meningkat, sehingga angka stunting di Kukar dapat berkurang secara signifikan.

“Ini tantangan kita bersama. Ini yang selalu saya pesankan, bagaimana tindakan preventif itu dijalankan,” demikian Edi Damansyah.


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler