Sabtu, 27 Juli 2024 09:46 WIB

Ekonomi dan Bisnis

Ingin Usaha Kecil Cepat Sukses? Begini Cara Tepat Mengembangkan Bisnis UMKM untuk Pemula

Redaktur: Redaksi
| 87 views

Ilustrasi.

Afiliasi.net - Mengembangkan bisnis UMKM pemula memerlukan strategi yang paling tepat agar dapat bertahan lama. Salah satu agar bisa mengembangkan usaha tersebut adalah dengan membuka cabang pada tempat yang memiliki potensi penjualan tinggi.

Hal tersebut dapat dimulai dengan meneliti tempat yang memang mempunyai target pasar baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang nantinya dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda.

1.Ikuti Acara Festival atau Pameran

Agar produk yang Anda miliki lebih eksistensi, maka Anda dapat mengikuti pameran maupun festival. Hal ini akan membuat produk yang dimiliki dapat dikenal luas oleh masyarakat. Festival atau pameran merupakan salah satu aktivitas pemasaran yang sangat terjangkau dan bisa mendatangkan banyak sekali manfaat seperti memperkenalkan produk baru kepada vendor, tahu dengan baik kompetitor dalam bisnis Anda.

Pilih pameran atau festival paling cocok dengan produk milik Anda. Contohnya, seperti ketika Anda memiliki bisnis makanan ikuti pameran yang memiliki tema terkait dengan produk makanan Anda.

2. Membangun Relasi Antara Pengusaha

Menjalankan sebuah usaha terutama dalam bisnis UMKM bukan hanya sekedar berdagang sendiri, tetapi supaya bisa menambah relasi yang lebih banyak lagi. Relasi semakin banyak, maka akan jauh lebih mudah untuk mencari vendor-vendor paling terpercaya. Bukan hanya itu, semakin banyaknya relasi yang Anda miliki peluang untuk bisa memperluas wilayah dalam bisnis Anda.

Anda dapat bergabung ke dalam beberapa komunitas yang mempunyai jenis usaha sama dengan milik Anda. Inilah, yang akan lebih mempermudah Anda mendapatkan berbagai informasi terkait dengan usaha yang sedang Anda jalankan.

3. Tingkatkan Mutu Pada Pelayanan

Hal ini menjadi salah satu bagian yang tidak kalah pentingnya dalam strategi bisnis UMKM yang Anda miliki. Saat Anda mendapatkan sebuah kritikan maupun saran dari pelanggan, maka itu bisa menjadi kesempatan Anda untuk memperbaiki hal-hal yang memang kurang menyenangkan yang didapatkan pelanggan Anda. Sehingga mutu pelayanan yang diberikan juga semakin baik.

Namun, semua permintaan Anda tidak akan bisa dipenuhi karena tetap harus jeli melihat mana saran dan kritik yang bisa benar-benar membantu untuk membangun bisnis Anda dan mana yang tidak bisa. Pertama, Anda dapat mendahulukan kritik yang paling sering muncul di pelanggan karena kritik tersebut bisa membuat beberapa pelanggan merasa tidak nyaman.

Selanjutnya, pilih saran yang diterima dari banyaknya pelanggan tersebut. Hal tersebut bisa jadi nantinya yang akan membedakan Anda dari para kompetitor lainnya.

4. Ikuti Perkembangan Teknologi Pada Bidang Bisnis

Pada era digital, terutama para pemilik bisnis UMKM pemula akan sangat disayangkan bila ketinggalan zaman dalam teknologi. Oleh sebab itu, nantinya bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang dimiliki dengan baik pada hal administrasi, komunikasi, transaksi keuangan dan juga penjualan. Anda harus sering membuka artikel terkait dengan teknologi yang berkaitan dengan bisnis supaya nantinya tidak tertinggal.

Memanfaatkan teknologi terkait dengan bisnis seperti saat sedang berkomunikasi dengan pelanggan yang memakai aplikasi pesan, video call, mengirimkan video maupun foto produk serta lain sebagainya. Semua itu nantinya bisa berpengaruh pada bisnis Anda karena untuk sekarang ini pasar juga akan menuntut dengan cepat, tepat dan juga terpercaya.

Kecepatan pada informasi, cepat tanggap, manajemen terstruktur, SOP merupakan aspek yang bisa melengkapi dan juga mendukung usaha Anda. Jika, Anda memiliki sedikit pengetahuan terkait pemakaian teknologi pada bisnis tersebut bisa dijadikan sebagai nilai plus untuk Anda bila dibandingkan dengan kompetitor lain.

5. Manfaat Media Sosial untuk Pemasaran Produk

Setiap pengusaha bisnis UMKM pemula pastinya ingin bisa meningkatkan penjual. Salah satunya dengan cara paling efektif dengan menggunakan pemasaran. Pada era ini internet bisa lebih memudahkan kita mendapatkan banyak informasi hanya dengan sekali klik pada ponsel.

Oleh sebab itu, pemasaran digital dibutuhkan agar bisa memperkenalkan produk kepada para calon konsumen. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan pemasaran secara digital dengan memakai media sosial seperti Telegram, Instagram, Facebook dan Whatsapp.

6. Manfaatkan E-commerce Penjualan Produk

Era digital sepeda sekarang banyak orang lebih memilih belanja online karena belanja online dapat dilakukan dimana saja. Pelanggan tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang di inginkan. Salah satu caranya adalah dengan mengakses e-commerce.

E-commerce ini menawarkan jasa untuk pengusaha dalam melakukan penjualan secara online dengan cara membuka toko dalam situs yang mereka miliki. Pakai beberapa situs e-commerce untuk bisa menjual  produk dan juga memperluas area pada target pasar Anda dan manfaatkan fitur yang dimiliki e-commerce agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan penjualan.

Nah, itu dia strategi-strategi untuk mengembangkan bisnis UMKM. Semoga bermanfaat! (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #umkm #tips-mengembangkan-usaha #tips-mengembangkan-umkm #ide-bisnis #bisnis 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler