Rabu, 18 September 2024 08:31 WIB

Daerah

Kantongi Dukungan PDIP, Isran Noor-Hadi Mulyadi Siap Jadi Rival Berat Rudy Mas'ud-Seno Aji

Redaktur: Redaksi
| 76 views

Isran Noor dan Hadi Mulyadi menerima rekomendasi dari PDIP. (Ist)

Jakarta, Afiliasi.net - PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan dukungan untuk bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Isran Noor-Hadi Mulyadi di Pilgub Kaltim 2024.

Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini menjadi partai kedua yang mengumumkan dukungan kepada Isran Noor-Hadi Mulyadi untuk maju dalam kontestasi perebutan kursi KT 1 dan 2.

Surat rekomendasi penugasan pasangan petahana tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro Menteng Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Penyerahan surat rekomendasi tersebut juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi PDIP.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam sambutannya mengatakan Pilkada merupakan momentum konsolidasi partai untuk memperkuat kaderisasi kepemimpinan.

"Pilkada juga menjadi wahana dalam membangun komitmen untuk menyelesaikan masalah rakyat dan merancang masa depan berdasarkan ide, pemikiran, gagasan dan cita-cita perjuangan Bung Karno," jelasnya.

Lebih lanjut, proses kaderisasi yang dilakukan partai berlambang banteng tersebut telah membuahkan hasil. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya kader PDI Perjuangan yang menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari total 305 daerah.

"Pertama terdapat 5 calon gubernur dan 6 calon wakil gubernur yang berasal dari PDI Perjuangan. Kedua, dari 292 kab/kota terdapat 141 calon kepala daerah dan 103 calon wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan," tutur Hasto.

Hasto juga berpesan kepada para kepala daerah yang telah diusung agar dapat menjalankan amanahnya untuk senantiasa memperjuangkan keadilan.

"Semoga ini menjadi landasan kita untuk berjuang menegakkan kebenaran," tutupnya.

Sebelumnya, Isran Noor-Hadi Mulyadi telah mengantongi dukungan dari Partai Demokrat yang memiliki 2 kursi di DPRD Kaltim.

Dengan dukungan dari PDIP yang memiliki 9 kursi, Isran Noor-Hadi Mulyadi telah memenuhi syarat minimal 11 kursi untuk maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, dari sembilan partai politik (parpol) parlemen yang memiliki kursi di DPRD Kaltim, tujuh di antaranya telah mendukung pasangan calon Rudy Mas'ud dan Seno Aji, yaitu Golkar (15 kursi), Gerindra (10 kursi), PKB (6 kursi), PAN (4 kursi), PKS (4 kursi), NasDem (3 kursi), dan PPP (2 kursi). (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #isran-noor-hadi-mulyadi #pdip #rudy-masud-seno-aji #pilgub-kaltim-2024 

Berita Terkait

IKLAN