Selasa, 17 September 2024 03:30 WIB

Daerah

Edi Damansyah Ngobrol Bareng Pelaku Ekonomi Kreatif, Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

Redaktur: Redaksi
| 98 views

Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, berinteraksi langsung dengan para pelaku ekonomi kreatif dalam acara bertajuk "Ngobrol Pintar Penuh Inspirasi" yang diselenggarakan di Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara, Selasa (13/8/2024).

Edi Damansyah pada acara itu didampingi oleh Wilson Simatupang, Owner Setia Group Indonesia dengan produk Susu dan Ayam Setia Tenggarong Muhammad Adil Hidayat, content creator Singerik, Asrinda Basri dan Faisal.

Pada kesempatan ini, Edi Damansyah mengunjungi stand UMKM yang berjualan di sekitar Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara. Tak hanya membeli dagangan, Edi juga bercengkerama dengan para pedagang sembari menanyakan kendala apa yang kerap mereka hadapi selama ini.

Orang nomor satu di Kukar itu juga mengajak pelaku UMKM memanfaatkan Kredit Kukar Idaman yang memberikan akses mudah bagi pelaku UMKM terhadap modal usaha dengan bunga 0 persen. Program tersebut ditujukan kepada pelaku UMKM, petani, nelayan dan masyarakat yang ingin membuka usaha.

“Kredit ini tanpa jaminan, untuk asuransi dan administrasi peminjaman semua ditanggung pemerintah sehingga tidak di bebankan kepada masyarakat ini merupakan salah satu bukti nyata pemerintah hadir ditengah masyarakat,”ungkapnya.

Selain Kredit Kukar Idaman, Edi juga menjelaskan Pemkab Kukar juga memiliki program unggulan lainnya dalam rangka memajukan ekonomi lokal, yakni program pengembangan dan pemberdayaan UMKM melalui program Usaha kecil Idaman.

Selain itu, untuk pengembangan UMKM, pemerintah juga telah menggelar berbagai pelatihan bagi usaha kecil dan pemberdayaan UMKM dengan memberikan fasilitas perizinan yang dibutuhkan masyarakat seperti NIB, Izin edar/Sp-pirt, sertifikat Halal hingga perpajakan.

“Pengembangan UMKM bisa dilihat pada malam ini oleh komunitas Sahabat Tuli yang kemarin meminta untuk pelatihan membatik dan saat ini karyanya sudah bisa dipamerkan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kukar itu menekankan pentingnya pendekatan yang berbasis pada kondisi riil di lapangan dalam mengembangkan UMKM.

Edi melihat potensi besar Kukar untuk dijadikan pusat pengembangan UMKM yang terintegrasi dengan pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian Kutai Kartanegara.

“Musim bukan aset pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tetapi ke depan saya ingin pelabuhan dan musim terintegrasi agar pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dititik Nol bisa berjalan dengan baik, untuk itu perlu sinergitas dengan berbagai pihak,” imbuhnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #bupati-kukar #edi-damansyah #kredit-kukar-idaman #kukar-idaman 

Berita Terkait

IKLAN