Sabtu, 27 April 2024 07:02 WIB

Manca

Benarkah Kanguru Dapat Belajar Berkomunikasi dengan Manusia?

Redaktur:
| 2.801 views

Kanguru

Afiliasi.net - Sejumlah peneliti mengungkap penemuan, Rabu (15/12), yang menunjukkan kanguru dapat belajar berkomunikasi dengan manusia, mirip dengan cara anjing peliharaan. Cara berkomunikasi dengan hewan tersebut dapat dilakukan dengan cara “menunjuk” untuk meminta bantuan mereka.

Reuters, Rabu (15/12), melaporkan penelitian tersebut melibatkan 11 kanguru yang hidup di penangkaran tetapi belum dijinakkan. Laporan itu mengatakan sepuluh dari 11 kanguru menatap para peneliti dengan saksama ketika mereka tidak dapat membuka kotak berisi makanan. Sementara sembilan kanguru lainnya secara bergantian memandang manusia dan wadah, sebagai cara menunjuk atau memberi isyarat ke arah objek.

"Kami menafsirkan ini sebagai bentuk komunikasi yang disengaja, permintaan bantuan," ujar Alan McElligott, kepala penelitian yang berasal dari Irlandia kepada Reuters melalui telepon dari Hong Kong.

“Spesies liar sebenarnya tidak diharapkan berperilaku seperti subyek tersebut, dan itulah mengapa ini mengejutkan.”

Temuan ini mematahkan anggapan bahwa hanya hewan peliharaan, seperti anjing, kuda atau kambing yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Penelitian tersebut juga menunjukkan ada lebih banyak hewan yang dapat memahami bagaimana menyampaikan makna kepada manusia.

“Kami sebelumnya mengira hanya hewan peliharaan yang mencoba meminta bantuan untuk suatu masalah. Namun, kanguru juga melakukannya, ” kata rekan peneliti Alexandra Green dari University of Sydney.

Sumber Berita : BBG Direct


TOPIK BERITA TERKAIT: #kanguru-bisa-bicara #penelitian-kanguru 

Berita Terkait

IKLAN