Senin, 20 Mei 2024 06:50 WIB

Daerah

Turun Drastis, Hari Ini Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Balikpapan Hanya 33 Kasus

Redaktur: M. Yusuf
| 2.307 views

Rilis harian Covid-19 di Balikpapan

Balikpapan, Afiliasi.net - Balikpapan kembali mengumumkan kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19. Pada Senin (8/3/2021) hanya 33 kasus yang terkonfirmasi di Balikpapan.

Hal tersebut membuat Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty nampak kaget karena penurunan kasus terkonfirmasi cukup drastis.

“Terus terang saya juga tadi kaget, sampai saya menunda, coba cek lagi apa benar hanya 33,” jelasnya saat konferensi pers di halaman Kantor Pemkot Balikpapan, sore tadi.

Namun wanita yang akrab disapa Dio ini membeberkan, sebenarnya terdapat 14 kasus yang belum bisa dikonfirmasi. Tetapi Dio menjelaskan biasanya terdapat puluhan hingga ratusan kasus yang belum bisa dikonfirmasi positif atau tidaknya.

“Ini saya tanya berulang-ulang ke tim surveilans, Alhamdulillah secara keseluruhan ada penurunan kasus,” ungkapnya.

Dari 33 kasus tersebut, terdapat 17 kasus yang bergejala, 3 kasus riwayat kontak di tempat kerja, 9 kasus riwayat perluasan tracing dan 4 kasus orang tanpa gejala.

Lebih lanjut, tingkat keterisian di rumah sakit yang menangani Covid-19 terbilang cukup longgar dibanding beberapa waktu lalu. Dari 523 tempat tidur, yang terisi hanya 276, sedangkan untuk ICU dari kapasitas 42 kasur, hanya terisi 32.

Dio menerangkan, longgarnya ruang isolasi di rumah sakit serta ruang ICU ini merupakan salah satu dampak PPKM Mikro yang telah dijalankan Balikpapan selama 4 pekan ini.

“Salah satunya itu. Ada korelasinya dengan PPKM Mikro,” tandasnya.


TOPIK BERITA TERKAIT: #covid-19-balikpapan #dinas-kesehatan-kota-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN