Rabu, 08 Mei 2024 05:36 WIB

Daerah

Pemerintah Larang Mudik Lebaran, Ely Hartati Rasyid Imbau Masyarakat Kaltim Menahan Diri Pulang Kampung

Redaktur: M. Yusuf
| 2.416 views

Ely Hartati Rasyid, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Senin (19/4/2021)

Samarinda, Afiliasi.net - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid secara bijak menganggap keputusan pemerintah pusat melarang aktivitas mudik merupakan langkah terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Pemerintah itu membuat larangan meskipun tidak populer pasti untuk kebaikan kita bersama," ujarnya saat dihubungi awak media, Senin (19/4/2021).

Meski begitu, Politisi PDI Perjuangan ini menyadari akan ada tradisi yang hilang saat merayakan IdulFitri. Ia pun menegaskan hal ini semata-mata untuk menjaga sanak keluarga dari ancaman wabah Covid-19.

"Kita lagi-lagi harus menahan diri dari tradisi pulang kampung. Menahan rasa rindu berkumpul sanak saudara. Yang terpenting adalah keselamatan keluarga. Jangan sampai hanya karena ingin merayakan IdulFitri bersama keluarga kita menjadi pintu masuk wabah Covid-19 ke dalam lingkungan keluarga," ucapnya.

Dampak lain yang dirasakan Ely yakni terpukulnya para pelaku usaha kawasan moda transportasi darat, laut dan udara.

Sebagai pemilik pelaku usaha kuliner di Kutai Kartanegara, Ely tak menampik bahwa larangan mudik membuat usaha miliknya di kawasan bandara dipastikan merugi.

"Larangan mudik ini tentu memukul dunia usaha. Namun meskipun dirugikan oleh kebijakan ini tapi kita menghormati keputusan pemerintah. Hal ini sudah pasti dipertimbangkan dengan sangat matang," tuturnya.

Ely menambahkan, yang patut dikhawatirkan adalah adanya kembali gelombang penyebaran Covid-19 akibat aktivitas mudik lebaran.

"Pandemi ini yang ditakutkan adanya penyebaran gelombang berikutnya. Ini lebih memukul lagi kalau terjadi," pungkasnya. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #mudik-lebaran #covid-19 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler