Kamis, 02 Mei 2024 07:31 WIB

Daerah

Stok Plasma Konvalesen di PMI Balikpapan Menipis

Redaktur: M. Yusuf
| 1.399 views

Ilustrasi donor plasma konvalesen di PMI Balikpapan (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan mendorong para penyintas Covid-19 di Kota Beriman mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien Corona yang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Ketua PMI Balikpapan, Dyah Muryani menjelaskan, stok plasma konvalesen saat ini cenderung terbatas. Bahkan tak jarang, saat ada permintaan dari pihak rumah sakit, pihak PMI Balikpapan pun tak dapat memenuhi.

"Jadi pas-pasan. Begitu punya stok satu kantong sudah ada yang minta, kadang belum punya stok juga diminta," terang Dyah, Senin 14 Juni 2021.

Dyah merinci, ada sejumlah persoalan yang dihadapi PMI Balikpapan untuk mengumpulkan stok plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19. Pertama, jalur koordinasi antara PMI dan rumah sakit di Balikpapan terkait alamat penyintas. Kedua, kekhawatiran para penyintas yang takut keluar rumah. Dan, pasien Covid-19 yang meninggal dunia saat menjalani perawatan.

Hingga hari ini, kata Dyah, PMI Balikpapan hanya memiliki satu kantong plasma konvalesen golongan darah B dan enam kantong golongan darah O. Stok itu pun tidak dijamin akan bertahan lama sebab kebutuhan plasma konvalesen di Balikpapan cukup tinggi.

"Jadi kita minta mereka (penyintas Covid-19,Red) untuk mendonor lagi, kan bisa dua minggu sekali," terangnya.

"Untuk menolong yang lain," tambahnya.

Dyah memastikan, sebelum para penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesen, pihak PMI Balikpapan terlebih melakukan wawancara dan memeriksa kondisi kesehatan para pendonor. Dyah mengingatkan para pendonor tidak perlu takut, karena PMI Balikpapan telah menerapkan protokol kesehatan ketat.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #pmi-balikpapan #donor-plasma-konvalesen #penyintas-covid19 

Berita Terkait

IKLAN