Kamis, 02 Mei 2024 06:24 WIB

Daerah

Pelabuhan Semayang Resmi Terapkan Tes GeNose Bagi Para Penumpang, Sekali Tes Rp 40 Ribu

Redaktur: M. Yusuf
| 1.406 views

Calon penumpang yang hendak bertolak ke Surabaya melakukan tes GeNose (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Biaya tes GeNose di Pelabuhan Semayang Balikpapan sama dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, yaitu Rp 40 ribu sekali tes.

General Manager Pelindo IV Balikpapan, Iwan Sjarifuddin menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 400 kantong Ge-Nose. Kemudian akan bertambah 2.000 kantong lagi.

"Ini sudah ada, sudah tiba," ungkap Iwan, Selasa 15 Juni 2021.

Alat GeNose dengan nilai investasi sebesar Rp 150 juta ini ditargetkan bisa melayani 1.000 penumpang dalam sehari. Tidak hanya untuk penumpang yang berangkat, tes ini juga ditujukan bagi penumpang datang.

"Jadi kami sesuaikan dengan jumlah penumpang yang masuk atau keluar dari pelabuhan," tuturnya.

Mekanisme pemeriksaannya, setelah melakukan tes penumpang harus menunggu hasil pemeriksaan selama 30 menit. Jika negatif, penumpang bisa melanjutkan perjalanan. Namun jika positif, maka penumpang tersebut akan diminta untuk melakukan tes ulang. "Kalau tetap positif baru kami arahkan untuk tes antigen," jelasnya.

Jika hasil antigen tersebut menunjukan positif, maka pihak Pelindo IV Balikpapan akan langsung berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan untuk mengisolasi pasien.

Ditanya terkait antisipasi lebaran idul adha, Iwan mengaku akan mengevaluasi terlebih dahulu sebelum menambah alat.

Jika dinilai semakin meningkat, Pelindo IV Balikpapan akan menambah lagi alat pemeriksaan.

"Jadi kami melihat dulu pergerakan ini pasti begitu mengalami kenaikan mencapai 30 persen maka kami harus sesegera mungkin menambah alat agar tidak terjadi antrean terlalu lama di pelabuhan," urainya.

Sementara itu, salah satu penumpang asal kukar ang hendak menuju Surabaya, Iza, merasa terbantu dengan adanya layanan ini.

"Awalnya hanya tahu yang di bandara, tapi ketika cari tiket kapal diberi tahu sama petugasnya bahwa ada layanan Ge-Nose. Ini lebih murah dan simpel dibanding rapid tes antigen," pungkasnya.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #tes-genose-di-pelabuhan-semayang #biaya-tes-genose #tes-covid19 

Berita Terkait

IKLAN