Kamis, 02 Mei 2024 07:44 WIB

Daerah

Tak Semua ODGJ di Samarinda Miliki Nomor Induk Kependudukan

Redaktur: M. Yusuf
| 1.401 views

Vaksinasi ODGJ di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Sebanyak 988 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu 16 Juni 2021.

Vaksinasi dipantau langsung oleh Direktur RSJD Atma Husada Mahakam, Jaya Mulaimin dan staf ahli bidang SDA Pemprov Kaltim, Noor Albarakti.

"Tiap pasien ODGJ dan Penyandang disabilitas yang akan mendapatkan vaksinasi wajib didampingi oleh petugas rumah sakit," jelas Jaya Mulaimin.

Ia merinci, melalui data yang mereka miliki jumlah ODGJ dan penyandang disabilitas se - Kaltim yang terdaftar vaksinasi ada sebanyak 42 peserta yang divaksinasi sebelumnya. Sementara, dari RSJD sendiri sebanyak 988 peserta.  Pihak rumah sakit akan menyediakan 130 dosis vaksin per harinya untuk memenuhi target.

Disinggung mengenai kendala vaksinasi, Jaya mengakui tidak semua ODGJ memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), sedangkan diketahui bahwa peserta vaksinasi harus memiliki NIK.

"Untuk persoalan NIK ini kami baru memulai koordinasi dengan Disduk Capil, jadi untuk satu minggu kedepannya akan dilakukan vaksin bagi yang memiliki NIK dulu,"ungkap Jaya.

Terkait perihal tersebut, Noor Albarakati akan turut menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kami akan koordinasikan dengan pihak Disdukcapil mengingat tidak hanya ODGJ yang mengalami masalah yang sama," tandasnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #vaksinasi-odgj #rsjd-atma-husada-mahakam 

Berita Terkait

IKLAN