Kamis, 02 Mei 2024 07:16 WIB

Daerah

Peningkatan Kasus Covid-19 di Kaltim, Isran Noor: Saya Tidak Happy

Redaktur: M. Yusuf
| 1.488 views

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor (ist)

Balikpapan, Afiliasi.net - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyebut selama ini masyarakat Kaltim telah mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Namun tak dipungkirinya, sebagian masyarakat menggunakan masker tidak sesuai dengan yang seharusnya.

"Pakai masker walau pun pasang di bawah dagu. Taat juga namanya, tapi di bawah dagu, banyak juga di atas kepala pasangnya," ujar Isran, Selasa, 29 Juni 2021.

Kesalahan penggunaan masker ini pun berdampak kepada peningkatan kasus Covid-19 di Kaltim yang belakangan ini melonjak tinggi. Terkait hal itu, Isran mengaku bingung sebab segala upaya pencegahan telah dilakukan.

Ditemui seusai acara di Ballroom Novotel Balikpapan, Isran menyebut kemungkinan besar peningkatan ini setelah adanya tradisi mudik pada lebaran 2021 lalu.

"Kita juga enggak ngerti dari mana munculnya. Setelah mudik itu terjadi peningkatan yang luar biasa baik di Kaltim maupun Nasional," ujarnya.

Terlebih di Kota Minyak. Belakangan ini tambahan kasus selalu melebihi 100 kasus positif. Ia menduga, peningkatan kasus disebabkan karena banyaknya pendatang yang bekerja di Kota Minyak ini. Tidak hanya itu, mobilitas masyarakat pun memengaruhi penambahan kasus ini.

Mantan Bupati Kutai Timur ini mengaku tidak senang dengan keadaan ini. Sebab selama seminggu belakangan, ia terus memikirkan kesehatan masyarakat Benua Etam. "Terus terang saja saya tidak happy," tegasnya.

Meski demikian, Isran menilai penerapan PPKM Mikro di tingkat telah berjalan maksimal. Sebab semua pendatang wajib melakukan isolasi mandiri. "PPKM Mikro itu sebenarnya sudah efektif," tutupnya.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #isran-noor #covid-19-kaltim #cara-menggunakan-masker 

Berita Terkait

IKLAN