Kamis, 02 Mei 2024 02:25 WIB

Daerah

Mubes ke-IV Ikapakarti Kaltim, Rusmadi: Solidaritas Menjadi Poin Penting Mengayomi Masyarakat

Redaktur: M. Yusuf
| 1.863 views

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi yang juga Ketua Umum Ikapakarti Kaltim. (Facebook/Rusmadi Wongso)

Samarinda, Afiliasi.net - Ikatan Keluarga Paguyuban Tanah Jawi (Ikapakarti) Kaltim telah melaksanakan rapat kepanitiaan beberapa waktu lalu bersama dengan para pengurus untuk menyiapkan Musyawarah Besar (Mubes)ke-IV yang rencananya digelar pada Jumat, 2 Juli 2021 besok.

Ketua Umum Ikapakarti Kaltim Rusmadi Wongso mengatakan, pelaksanaan Mubes Ikapakarti ke-IV yang bakal berlangsung selama dua hari sejak 2-3 Juli 2021 ini akan kembali mengupas dan mengevaluasi sejumlah poin dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi tersehut. Pelaksanaan di masa pandemi ini juga secara tidak langsung memaksa panitia untuk melakukan mubes dengan sejumlah pembatasaan.

Jadi setiap DPD kabupaten/kota mengirimkan peserta masing-masing tiga orang," ucapnya kepada awak media di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Samarinda, Rabu 30 Juni 2021, Pukul 20.00 Wita.

Lanjut dijelaskan Rusmadi panitia hanya bisa mengundang Ketua Sekertaris Kebendaharaan (KSB) ataupun yang mendapatkan mandat oleh setiap Ketua DPD nya.

"Sementara untuk paguyuban ini tidak kita undang, namun pada saat pembukaan acara dan penutupan saya kita undang," jelasnya.

Rusmadi menerangkan, hal ini diterapkan bukan semata-mata tanpa alasan, tetapi karna Kaltim masih berlangsungnya pandemi Covid-19 membuat segala situasi harus dilakukan secara terbatas. Jadi sudah semestinya juga saat menggelar Mubes Ikapakarti nanti harus menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

"Mudah-mudahan sidangnya bisa berjalan dengan singkat, semuanya juga sudah kita persiapkan. Kita juga sudah bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor," tuturnya.

Rusmadi yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Samarinda ini menuturkan. Peserta Mubes ke-IV Ikapakarti Kaltim terbatas hanya 30 orang dari setiap 10 kecamatan. Sedangkan dari DPP hanya dibatasi sebanyak 4 orang saja.

"Karena ini acara merupakan kekuasaan tertinggi dalam Ikapakarti sehingga walaupun terbatas tetapi akan dilakukan secara virtual," imbuhnya.

Lanjutnya, Terkait tema acara tersebut mengusung sebuah rangkaian untuk memperkuat solidaritas dalam membangun ekonomi.

"Karena kalau sudah solidaritas pada saat pandemi Ikapakarti memang lahir dalam rangka pertama mengayomi dan mengangkat derajat warga besar sebagain dari daerah. Mau bagaimanapun sebagai anak bangsa kita harus memberikan perhatian kepada seluruh warga Kaltim," kata Rusmadi.

Ikapakarti dipastikan Rusmadi akan selalu mengedepankan demokrasi dengan suasana guyub rukun. Karena itu musawarah mufakat itu menjadi sebuah nilai yang terus dikedepankan oleh ikapakarti.

"Mudah-mudahan kita bisa membangun Kaltim dengan semangat kita bersama, jangan sampai paguyuban menjadi masalah oleh pemerintah daerah," pesannya.

Rusmadi menambahkan, walaupun banyak warna yang menyelimuti Ikapakarti itu bukan menjadi sebuah halangan, beda pendapat itupun untuk kebaikan paguyuban.

"Kita juga akan mengundang paguyuban kedaerahan yang lain, sebab menyangkut tema solidaritas kita harus membangun tali persaudaraan secara erat untuk membangun Kaltim yang berdaulat," pungkasnya. 

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #mubes-ikapakarti-kaltim #rusmadi 

Berita Terkait

IKLAN