Jumat, 17 Mei 2024 09:27 WIB

Daerah

Anggaran Tersedia, Pemkot Balikpapan Cari Obat Ivermectin yang Diklaim Ampuh Atasi Covid-19

Redaktur: Fera
| 1.519 views

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Balai Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) sedang melakukan uji klinis terhadap obat Ivermectin yang disebut bisa digunakan untuk obat covid-19. Namun rupanya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty belum menerima surat resmi terkait izin penggunaan tersebut.

"Rekomendasi apakah boleh digunakan atau tidak belum tahu juga, kita juga baru tahu dari media. Surat resmi soal obat itu belum kami terima juga dari pusat," katanya, Kamis 15 Juli 2021 di BSCC Dome.

Namun jika sewaktu-waktu BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan, wanita yang akrab disapa Dio ini mengaku siap untuk menjalankan anjuran tersebut. Saat ini, pihaknya pun telah melakukan sejumlah persiapan.

"Kami sudah cari ketersediaan obat ke distributor dan apotek. Tapi masih kosong. Kalau memang ada petunjuk resmi, kami harap obat itu tersedia," terangnya.

Tidak hanya dari segi ketersediaan, dari segi anggaran pun ditegaskannya sudah siap. "Dari sisi anggaran, pemerintah juga siap mengadakan untuk masyarakat yang terpapar covid-19," tegasnya.

Dijelaskannya, obat Ivermectin ini adalah obat cacing dan obat kutu kulit. Namun, lanjutnya, terkadang sebuah memiliki dua efek terhadap penggunanya. Yaitu efek dominan dan efek kecil yang bermanfaat untuk yang lain.

Ia menegaskan, penggunaan obat ini harus berdasarkan dengan resep dari dokter. Sementara itu, dilansir dari Suara.com, obat Ivermectin disebut bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh virus SARS CoV 2 penyebab covid-19. Namun, saat ini Ivermectin masih dalam fase uji klinik yang diujicobakan pada pasien covid-19. (*)

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #obat-ivermectin #obat-covid-19 #dinkes-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN