Kamis, 02 Mei 2024 06:25 WIB

Daerah

Perkokoh Kekuatan Politik di Kaltim, PDIP Genjot Pendidikan Kader

Redaktur: M. Yusuf
| 1.054 views

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim, Iswandi (kiri) dan Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur (PDIP Kaltim) terus persiapkan diri mencapai target politik, hasil Rakerda Balikpapan yang digelar pada akhir Juni 2021 lalu. 

Sekretaris Ananda Emira Moeis menyebut, saat ini ada sekira 19 ribu lebih kader PDIP yang tersebar di seluruh wilayah Kaltim. Angka tersebut, dipastikan politisi yang karib disapa Nanda tersebut, lantaran tiap bulannya PDIP Kaltim akan terus menggenjot pelaksanaan pendidikan kader, mulai dari Pratama, Madya dan Utama. 

“Di Kaltim kepengurusan sudah ada di 10 kabupaten/kota, ada di 103 kecamatan dan 1.039 desa dan kelurahan. Angka itu belum termasuk sayap, badan partai dan simpatisan. Jadi bisa terus bertambah," ungkap Nanda. 

Selain itu, pengurus DPD PDIP Kaltim juga dibeberkan Nanda tengah melakukan konsolidasi dan penyempurnaan database keanggotan kader partai yang dipimpin oleh Megawati itu.

"Agar semunya bisa terdata lewat sistem," paparnya. 

Selain itu, di tiap pelaksanaan pendidikan kader yang dilakukan, PDIP selalu menekankan agar tiap calon banteng memiliki karakter militan dan watak gotong royong dan revolusioner, seperti pemahaman yang disampaikan oleh Bung Karno.

"Intinya kami mengajar way of life PDIP, yakni watak gotong royong dan sifat-sifat lainnya," bebernya.

Turut menambahkan, Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim, Iswandi menyebut, ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh masing-masing kader ditiap tingkatan.

"Mereka harus tahu. Kita adalah suatu organisasi partai politik. Ada dasarnya, dalam hal ini seperti AD/ART," jelasnya.

Iswandi menuturkan, sebelum pandemi, pendidikan Pratama dilakukan dengan menempatkan peserta untuk menginap di rumah penduduk desa selama beberapa waktu. Mulai dari pukul 09.00 Wita pagi sampai 22.00 Wita malam, dalam satu harinya. Kekinian, pendidikan kader pratama yang diikuti oleh 147 calon banteng yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Kaltim dilakukan secara hybrid.

Partai yang dipimpin oleh Megawati ini juga dikatakan Iswandi berupaya untuk mengoptimalkanpotensi generasi milenial. Ia menjalaskan, dalam pendidikan Pratama yang masih berlangsung hingga besok, Minggu 8 Agustus 2021 besok, pihaknya juga mengundang pengamat untuk memberi masukan politik terkait eksistensi PDIP di Kaltim. (*)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #pdi-perjuangan #ananda-emira-moeis #pilgub-kaltim #iswandi 

Berita Terkait

IKLAN