Sabtu, 18 Mei 2024 03:00 WIB

Peristiwa

Jembatan Mahakam Kerap Dihantam Tongkang, DPRD Kaltim Segera Panggil Instansi Terkait

Redaktur: Fera
| 808 views

Tangkapan layar video saat tongkang batu bara menabrak jembatan Mahakam. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Beredar video Jembatan Mahakam kembali disenggol oleh kapal tongkang batu bara untuk kesekian kalinya. Kejadian tersebut terjadi pada Senin 30 Agustus 2021 pagi tadi.

Merasa geram karena peristiwa yang sudah sering terjadi itu, anggota Komisi III DPRD Kaltim, Syafruddin mengatakan, jika pihaknya sudah menjadwalkan untuk melakukan pemanggilan terhadap instansi dan pihak-pihak terkait.

"Udah diagendakan itu diundang, pelaksanaannya minggu depan karena masih padat juga agenda," ucap Syafruddin saat dikonfirmasi.

Ia juga mengungkapkan, bahwa pihak yang terlibat dalam agenda pemanggilan tersebut yakni Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Pelindo, pemilik kapal dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim.

"Jadi empat pihak ini diundang," tegasnya.

Syafruddin menyebutkan, jika insiden seperti itu sudah kerap terjadi sehingga perlu dilakukan pemanggilan terhadap pihak terkait untuk mengetahui persoalan mendasarnya.

"Jadi kita akan membahas bersama ini kok terulang terus, ini masalahnya apa sih 'kan gitu, kelalaian siapa ini?" ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dishub Kaltim Arih Frananta Filipus Sembiring menjelaskan, bahwa kejadian tabrakan tersebut menjadi tanggung jawab KSOP selaku pihak yang mengatur lalu lintas pelayaran kapal.

Aruh Frananta menyebutkan, insiden tersebut terjadi karena tali penghubung antara kapal tongkang dengan tugboat terputus sehingga tongkang yang mengangkut batu bara hanyut terbawa arus dan menghantam tiang jembatan.

Sedangkan untuk nahkoda kapal yang menabrak jembatan mahakam sementara diproses Polairud Polresta Samarinda.

"Pelaku penabrakannya sementara diperiksa oleh Polairud, ya mereka harus diperiksa oleh Polairud," pungkasnya. (*)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #jembatan-mahakam-ditabrak-kapal #syafruddin #komisi-iii-dprd-kaltim #aff-sembiring #dishub-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN