Sabtu, 04 Mei 2024 02:32 WIB

Daerah

Rusmadi Didatangi Kepala BI Perwakilan Kaltim Baru, Ini yang Dibahas

Redaktur: Rahmadani
| 852 views

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, saat menerima kunjungan kerja Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Timur, Ricky Perdana Gazali pada Kamis, 3 Februari 2022 di Balai Kota Samarinda. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net – Usai dilantik beberapa waktu lalu, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltim, Ricky Perdana Gozali bersama jajarannya kembali menyambangi Pemerintah Kota Samarinda pada Kamis, 3 Februari 2022 di Balai Kota.

Silaturahmi itu kini dilakukan dengan mendatangi Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, setelah satu hari sebelumnya juga turut bertemu dengan Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Rabu, 2 Februari 2022 kemarin.

Adapun pembahasan antara pejabat baru Kepala BI Perwakilan itu dengan Rusmadi, yaitu terkait produk minyak nabati yang dihasilkan dari buah atau biasa disebut Crude Palm Oil (CPO) serta tentang pertambangan di Kaltim. Dalam kesempatan tersebut pula, Ricky menyampaikan saat ini pihaknya telah masuk ke beberapa Universitas dengan mata kuliah kebanksentralan sebagai posisi tawar BI Perwakilan Kaltim dalam kebijakan moneter dan fungsinya sebagai banksentral.

“Saat ini BI langsung langsung memberikan perkuliahan. Itu menjadi mata kuliah wajib di beberapa Universitas dan (terkhusus) Fakultas Ekonominya. Karena sekarang pemahaman kebijakan moneter dan fungsi banksentral itu ternyata sangat diperlukan,” ucap Ricky.

Fungsi Bank Indonesia sendiri, lanjut Ricky, berfokus terutama pada segi ekonomi moneter dan sistem pembayaran serta peredearan uang di wilayah Kaltim, khsusnya bagaimana uang itu dicetak dan didistribusikan. Jangan sampai, kata Ricky, masyarakat yang membutuhkan uang namunhal itu tidak terpenuhi.

“Semua bank kan, menyimpan uang di Bank Indonesia. Nah, kita yang atur mereka butuh Automatic Teller Machine (ATM) itu berapa. Misalnya pada hari besar bank itu perlu uang cash berapa, itu kita yang atur semuanya. Begitu pula kualitasnya, jadi masyarakat itu mendapatkan uang dalam bentuk fresh,” urainya.

Akan hal tersebut, Ricky menyatakan bahwa itu merupakan salah satu target Bank Indonesia. Pihaknya akan menelaah dalam kurun waktu per tahun bagaimana masyarakat merasa yakin uang rupiah yang dipegang itu adalah asli dan bagus.

Sementara itu, Rusmadi mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan kerja yang dilakukan Kepala BI Perwakilan Kaltim yang baru menjabat tersebut.

“Saya berharap sinergi yang terjalin bisa semakin ditingkatkan lagi ke depan,” ungkap Rusmadi. (*)

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #rusmadi #wakil-wali-kota-samarinda #bank-indonesia #bi-perwakilan-kaltim #cpo-dan-pertambangan 

Berita Terkait

IKLAN