Senin, 06 Mei 2024 01:44 WIB

Advetorial

Terima Kunjungan Kedutaan Kanada, Plt. Sekda Tawarkan Potensi Pengembangan Ekosistem Hutan Mangrove Kaltim

Redaktur: Bella
| 676 views

Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi, menerima perwakilan Kedutaaan Besar Kanada di Balikpapan (sumber: istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi, menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Kanada. Agenda tersebut menjadi kesempatan baginya untuk menawarkan potensi pengembangan hutan bakau di Benua Etam.

Minggu, 6 Februari 2022, Mewakili Gubernur Isran, Riza, sapaannya, menerima perwakilan Kedutaan Kanada di Pool Teras Hotel Novotel Balikpapan. Namun ia tidak datang sendirian.

Hadir pula perwakilan Global Green Growth Institute (GGGI) Indonesia, Marcel Silvius, Ketua Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim, Prof Daddy Ruchiyat, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov Kaltim. Adapun perwakilan Kedutaan Kanada dipimpin oleh Ms Gayle Barnett. Ia hadir secara virtual.

"Saya ucapkan selamat datang kepada tim dari Kedutaan Kanada di Kaltim," ucapnya mengawali sambutan.

Riza kemudian menjelaskan bahwa Kaltim memiliki sekitar 291 ribu hektare kawasan mangrove. Sejumlah ini tersebar hampir di seluruh kawasan pesisir timur Kaltim. Diantaranya seperti Paser, Kukar, Bontang, Berau, dan Balikpapan.

Dari 10 kabupaten/kota, hanya dua daerah yang tidak memiliki ekosistem mangrove, yakni Kutai Barat dan Mahakam Ulu. Berdasarkan fakta tersebut, benua Etam adalah daerah penyumbang kawasan hutan mangrove terbesar kedua Indonesia.

Hal ini berarti Kaltim memiliki potensi untuk berbagai program pengembangan ekosistem hutan bakau. Alhasil, ia berharap pihaknya dapat membangun kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak. Upaya konservasi lingkungan harus terus berjalan di Kaltim.

"Kaltim sangat membuka diri bagi negara donor dalam pembangunan hutan mangrove," pungkasnya.(*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #kedutaaan-kanada #mangrove #lingkungan 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler