Selasa, 14 Mei 2024 03:31 WIB

Daerah

Muhammadiyah Kukar Nyatakan Dukungan Pemindahan IKN ke Kaltim

Redaktur: M. Yusuf
| 997 views

Muhammadiyah Kukar Nyatakan Dukungan Pemindahan IKN ke Kaltim

Samarinda, Afiliasi.net - Dukungan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim) kian masif. Berbagai kalangan, mulai dari tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama, akademisi hingga mahasiswa satu per satu menyuarakan dukungannya.

Dukungan pemindahan IKN kali ini datang dari Ketua Muhammadiyah Kutai Kartanegara (Kukar), Supriyanto.

Supriyan menyampaikan, bahwa pimpinan ormas Muhammadiyah dan ormas keagamaan lain sudah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Bahkan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan Adji Muhammad Arifin, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Bupati Kukar, Edi Damansyah sudah menyampaikan sikap mendukung pemindahan IKN.

Sehingga selaku organisasi Muhammadiyah di tingkat cabang pihaknya tentu siap mendukung pimpinan Wilayah dan Pusat.  

"Dengan adanya program IKN ini sebuah peluang untuk ikut berperan didalamnya terbuka lebar. Oleh sebab itu, organisasi Muhammadiyah telah menyiapkan SDM untuk menyambut IKN," ujar Supriyanto. 

Supriyanto mengatakan, di Kukar terdapat 18 pengurus Muhammadiyah tingkat kecamatan, yg akan mengembangkan program pendidikan.

Sementara itu, dilihat dari peluang lapangan kerja, IKN dinilai akan memberi dampak peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat Kaltim, khususnya Kukar.

Sebab itu ia mendorong agar pemerintahan IKN nanti membuka peluang untuk putra putri daerah agar dapat bersaing secara kompetitif. 

"Sebaiknya, pemerintah juga mempertimbangkan putra daerah untuk berperan serta dalam pembangunan IKN, sehingga tidak jadi penonton ditengah-tengah pembangunan IKN itu sendiri," tuturnya.

Disinggung mengenai penolakan IKN, Supriyanto menilai hal tersebut tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Dikarenakan, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi demokrasi.

"Menyikapi adanya pro dan kontra tentang IKN di luar Kaltim sebaiknya tidak usah ditanggapi secara berlebihan. Saat ini yang utama organisasi Muhammadiyah menyiapkan SDM yang mumpuni sehingga bisa berperan serta dalam pembangunan IKN," pungkasnya. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ikn #kaltim #muhammadiyah-kukar 

Berita Terkait

IKLAN