Sabtu, 27 April 2024 11:37 WIB

Advetorial

Musim Penghujan Tiba, BPBD Kaltim: Waspada Bencana!

Redaktur: M. Yusuf
| 591 views

Kepala Pelaksana BPBD Kaltim, Yudha Pranoto. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Timur (Kaltim) Yudha Pranoto meminta masyarakat di Benua Etam waspada terhadap kemungkinan bencana saat musim penghujan tiba.

Ia mengingatkan masyarakat harus tetap sigap menghadapi berbagai kemungkinan akibat musim penghujan yang melanda beberapa daerah di Indonesia termasuk Kaltim.

"Masyarakat harus tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana yang ditimbulkannya, misalnya tanah longsor, banjir ataupun banjir bandang maupun dampak sosial lainnya," pesan Yudha Pranoto pada Minggu, 13 Maret 2022.

Ia menjelaskan, kondisi biogeofisik alam Kaltim telah mengalami perubahan yang signifikan yang diakibatkan dari dampak terdegradasinya sumber daya alam serta lingkungan sehingga dikhawatirkan memicu terjadinya bencana.

"Sehingga perlu adanya langkah dan upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana," paparnya

Ia menuturkan, jajaran BPBD Kaltim akan terus bersiaga mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi dengan terus berkoordinasi kepada semua pihak terutama BPBD kabupaten/kota dalam hal antisipasi dan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat.

"Khusus BPBD kabupaten dan kota bisa menyiapsiagakan desa tangguh bencana dan membangun sistem penanggulangan bencana secara sinergi, terencana, terpadu, dan berkesinambungan," tutup Yudha Pranoto. (*)

Editor: M. Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #musim-penghujan #bpbd-kaltim #diskominfo-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN