Jumat, 26 April 2024 06:07 WIB

Advetorial

Warga Simpang Pasir Dilaporkan ke Polisi Oleh PT Insani, Komisi III DPRD Samarinda Minta Perusahaan Maklumi Ketidaktahuan Warga

Redaktur: Rahmadani
| 737 views

Komisi III DPRD Kota Samarinda saat menggelar rapat dengar pendapat terkait pelaporan warga Simpang Pasir ke pihak kepolisian oleh PT Insani, Rabu, 16 Maret 2022. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Warga Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, dilaporkan ke pihak kepolisian oleh perusahaan tambang batu bara PT Insani lantaran diduga telah melakukan penambangan ilegal di kawasan perusahaan. 

Atas persoalan tersebut, Komisi III DPRD Kota Samarinda menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan PT Insani beserta sejumlah warga Kelurahan Simpang Pasir, pada Rabu, 16 Maret 2022. 

Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Mujianto mengatakan, bahwa permasalahan ini bermula saat masyarakat sekitar melakukan pematangan di sekitar lahan milik PT Insani. 

Namun, di tengah menjalankan tugasnya, warga kemudian menemukan batu bara. Akibat keterbatasan pengetahuan yang dimiliki, warga pun memilih untuk menjual emas hitam tersebut. 

"Dari kronologis yang saya lihat kali ini, dasarnya mereka itu kurang pengetahuan. Yang awal mulanya pematangan lahan sekaligus menimbung lobang tambang, kemudian mereka menemukan batu bara," ucap Mujianto kepada awak media usai hearing.

Mujianto juga menjelaskan bahwa hal itu dilakukan oleh warga lantaran tak mengetahui peruntukan batu bara tersebut. 

"Warga juga saling koordinasi ke warga lainnya guna mencari tahu mau diapakan batu ini. Jika ada yang beli tentu kan jadi duit, itu pun digunakan untuk sosial juga," lanjut Mujianto. 

"Kurangnya pengetahuan inilah yang berdampak di sosial mereka, tentunya perusahaan harus paham," sambungnya. 

Tentunya, Mujianto mengaku prihatin atas hal yang dialami warga Kelurahan Simpang Pasir. Pun dirinya meminta kepada PT Insani harus lebih mengerti atas ketidaktahuan warga. 

"Mereka ini pematangan lahan, jika diperjalanan mereka menemukan batu ya tolong dibina. Karena mereka ini tidak mengerti soal itu. Harapannya PT Insani ini bisa berjiwa besar terkait gejolak sosial yang ada di simpang pasir," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua RT 13 Kelurahan Simpang Pasir, Eko, menguraikan bahwa acuan kerja warga setempat hanya pematangan lahan serta menimbung lobang eks tambang yang berada di lokasi. 

"Jadi intinya saya ini di situ kerja itu berdasarkan perintah pemilik lahan dan kesepakatan masyarakat untuk menimbun lobang tambang yang ada di situ," terang Eko. 

Eko menegaskan pihaknya tak memiliki rencana melakukan penambangan apapun di kawasan PT Insani. 

"Kita ini yang pasti acuan kerja kita ini bukan didasari menambang, saya juga tidak ada rencana tambang disitu, bahkan saya sendiri hitung-hitungan menambang itu tidak tahu," paparnya. 

Disinggung mengenai hasil dari penjualan batu bara yang ia dapatkan, Eko menyebutkan bahwa hasil itu digunakan oleh warga setempat untuk kepentingan lingkungan sekitar. 

"Kalau perkiraan saya itu di angka 800 ton dengan harga dibelinya Rp 300 ribu. Awalnya bukan penambangan, kami itu pematangan lahan juga ada suratnya. Kalau masalahnya kami dibilang tambang ilegal saya tidak tahu tambang ilegal itu seperti apa," sebutnya. 

Eko pun mengaku jika saat ini laporan yang dilayangkan oleh PT Insani ke kepolisian masih dalam tahap proses awal. Dirinya juga mengatakan siap jika nantinya dimintai keterangan oleh aparat. 

"Saat ini masih proses hukum, saya belum dimintai keterangan. Saya siap menghadap, sebagai warga yang baik saya cuma bisa mengucap maaf sebesar-besarnya," ucapnya. 

"Kami harapannya bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Kami cari makan hari-hari saja susah," pungkasnya. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-insani #warga-simpang-pasir #komisi-iii-dprd-kota-samarinda #mujianto #dprd-kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN