Jumat, 09 Desember 2022 01:04 WIB

Advetorial

Mendag RI Cek Kestabilan Bahan Pokok di Kaltim, Gubernur Isran Noor: Aman Ada Pengawas

Redaktur: Rahmadani

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Jeri/afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Pasar Merdeka di Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Samarinda, Rabu, 31 Agustus 2022. 

Dalam kunjungannya itu, Mendag Zulkifli Hasan ditemani Gubernur Kaltim Isran Noor serta Wali Kota Samarinda Andi Harun. Selain menetapkan Pasar Merdeka sebagai pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) pertama di Kaltim, Mendag Zulkifli Hasan juga mengecek harga serta ketersediaan bahan pokok dan penting (Bapokting), termasuk minyak goreng murah di pasar tersebut. 

"Pasar merdeka bagus, lengkap dan bersih, pembayaran bisa secara digital QRIS," kata Mendag Zulkifli Hasan. 

Sementara itu, dalam upaya menjaga kestabilan harga Bapokting di Benua Etam, Gubernur Isran Noor menyatakan bahwa Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kaltim maupun yang ada di tingkat kabupaten/kota, telah memiliki petugas yang melakukan pengawasan. 

"Kita bisa menganalisa sebabnya itu di mana (kestabilan harga, Red). Kalau sudah tahu sebabnya, apakah produksinya kurang tersedia? Karena semakin tinggi permintaan harga bisa naik, kan begitu. Atau harga bisa naik karena faktor pendukung yang menyebabkan kenaikan itu," ucap Isran Noor kepada awak media. 

Mengenai inflasi, tutur Isran, di Kaltim sendiri berdasarkan angka rata-rata nasional berada di papan tengah dengan persentase lebih kurang 5 persen. 

"Inflasi kita lumayan, kalau di Jawa itu rata-rata 4,5 persen, Kaltim itu 4,9 persen sampai 5,05 persen. Tapi di daerah atau provinsi lain sudah ada yang rata-ratanya di atas 8 persen. Itu di Sumatera dan sebagian wilayah Sulawesi, wilayah Bali. Artinya kita lumayan aman," pungkas Isran. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #mendag-ri #zulkifli-hasan #isran-noor #pemprov-kaltim #inflasi 

Berita Terkait

IKLAN