Minggu, 19 Mei 2024 03:17 WIB

Advetorial

Melalui RAD, Pemkab Kutim Sampaikan Komitmen Pembangunan Masa Depan yang Berkelanjutan

Redaktur: Redaksi
| 102 views

Wabup Kutim Kasmidi Bulang saat membuka kegiatan ekpos RAD Pembangunan Berkelanjutan. (istimewa)

Sangatta, Afiliasi.net – Dalam upaya untuk memastikan kelangsungan pembangunan yang berkesinambungan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda Kutim) telah menyelenggarakan kegiatan Ekspos Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Bappeda Kutim, Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) RI.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, dalam pembukaan acara tersebut menegaskan betapa pentingnya menyusun dokumen strategis seperti RAD. Ia menyatakan bahwa RAD memiliki tujuan utama, yaitu memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan di tingkat daerah dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada keberlanjutan pembangunan dengan arah dan prioritas yang jelas.

"RAD ini bertujuan untuk memastikan bahwa keputusan dan tindakan di tingkat daerah dapat berkontribusi pada keberlanjutan secara keseluruhan dengan arah dan prioritas yang terukur," tegasnya di Meeting Room Hotel Harris pada Jumat (21/7/2023).

Lebih lanjut, Kasmidi Bulang menyampaikan komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan daerah. Ia menyatakan bahwa RAD akan menjadi panduan penting bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan berbagai program dan proyek yang sesuai dengan target-target pembangunan berkelanjutan.

"RAD ini merupakan dokumen strategis yang akan disusun setiap lima tahun oleh pemerintah daerah atau wilayah, dengan tujuan untuk mencapai target dan tujuan pembangunan berkelanjutan secara lokal," tegasnya.

Ripto Widargo, Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Kutim, menambahkan bahwa penyusunan RAD adalah langkah yang dilakukan oleh Bappeda Kutim sebagai fasilitator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan. Ia menjelaskan bahwa rencana kegiatan, target, serta indikator capaian yang tercakup dalam RAD akan dipresentasikan dan disepakati bersama.

Ekspos RAD ini bertujuan untuk mengatasi tantangan global seperti kemiskinan, kelaparan, perubahan iklim, kesenjangan sosial, serta masalah lingkungan lainnya. Selain itu, tujuan pembangunan berkelanjutan juga merupakan upaya global untuk mencapai pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial, dan perlindungan lingkungan yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Sekretaris Bappeda Kutim, Idham Cholid, Pimpinan USAID SEGAR, Darmawan Listanto, Tim Ahli SDGs Center Unmul, mitra strategis, unsur swasta, dan berbagai organisasi terkait yang turut serta dalam mendukung upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
(*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #kasmidi-bulang 

Berita Terkait

IKLAN