Rabu, 01 Mei 2024 10:22 WIB

Hukum dan Kriminal

Pengamat Nilai Kasus Mantan Bupati Kubar Jadi "Kotak Pandora" Permasalahan Tambang di Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 248 views

DITANGKAP - Mantan Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Ditangkap KPK. IST

Samarinda, Afiliasi.net - Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur berinisial CB diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung), Jumat (18/8/2023).


Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana melalui Kasi Penkum Kejati Kaltim menginformasikan terkait pemeriksaan mantan pejabat Dinas ESDM Kaltim tersebut.


Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) yang memeriksa saksi tersebut.


Hal ini masih terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi penerbitan dokumen perizinan pertambangan PT Sendawar Jaya.


"Saksi yang diperiksa yaitu CB selaku Mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Kaltim, terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi penerbitan dokumen perizinan pertambangan PT Sendawar Jaya atas nama Tersangka IT (Ismail Thomas). Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud," kata Ketut Sumedana.

Menanggapi itu, peneliti Pusat Studi Anti Korupsi (Saksi) Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman (Unmul), Herdiansyah Hamzah mengungkapkan bahwa kasus tersangka eks Bupati Kutai Barat tersebut bisa jadi kotak pandora untuk menyelidiki kasus-kasus serupa lainnya.


Castro, sapaan akrabnya, menyebut perkara dugaan pemalsuan dokumen pertambangan yang melibatkan Ismail Thomas (IT) sudah menjadi cerita lama.


Karena kejadian tersebut terjadi saat kewenangan pemberian izin pertambangan masih ada di Kabupaten/Kota. 


Sehingga kepala-kepala daerah masih leluasa mengatur lalu lintas izin pertambang secara serampangan.


"Jadi saat kewenangan ada di tangan mereka, bisnis izin itu ada dalam kendali penuh mereka. Seperti koboi, izin diobral sesuka hatinya," kata Castro.


Jika kasus pertambangan ini benar-benar dibongkar secara menyeluruh, sudah barang tentu kepala-kepala daerah yang menjabat saat kewenangan izin itu masih di Kabupaten/Kota, juga harus ikut diperiksa.


"Kuat dugaan tangan-tangan mereka juga ikut dalam bisnis perizinan industri mematikan ini," tegas Castro.


Terkait pemeriksaan mantan Kepala Dinas ESDM Kaltim CB, Castro tetap menaruh harap mantan-mantan kepala daerah yang menjabat saat kewenangan izin tambang masih di Kabupaten/Kota, diperiksa secara menyeluruh. 


"Perkara IT (Ismail Thomas) ini harusnya jadi kotak pandora untuk mengusut kasus-kasus serupa. Karena kewenangan izin dahulu memang diduga kuat jadi lapak-lapak bisnis izin tambang," pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ismail-thomas #mantan-bupati-kubar-ditangkap-kpk #pemalsuan-dokumen-tambang 

Berita Terkait

IKLAN