Minggu, 28 April 2024 10:53 WIB

Lifestyle

Semua Pengunjung Dipersilahkan Hadiri Kukarland Festival, Panitia Siapkan Fasilitas Disabilitas

Redaktur: Redaksi
| 300 views

AREA DISABILITAS - Kukarland Festival 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyediakan area khusus bagi penyandang disabilitas di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang. ist

Tenggarong, Afiliasi.net - Kukarland Festival 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menyediakan area khusus bagi penyandang disabilitas di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Di area tersebut para disabilitas bisa menonton dengan nyaman.

Kukarland Festival merupakan puncak dari gelaran pesta rakyat Kukar Kaya Festival (K3F). Pesta rakyat ini merupakan program yang digelar Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

Program ini identik dengan hiburan rakyat. Kukarland Festival 2023 ini menjadi langkah awal Pemkab Kukar mewujudkan pesta rakyat inklusif bagi para difabel.

Untuk pertama kalinya, Kukarland Festival menyediakan area khusus disabilitas yang menyediakan tempat menonton khusus kaum difabel.

"Kita menghargai para pengunjung disabilitas. Mereka perlu dirangkul dan perhatikan," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo, Sabtu (23/9/2023).

Di area difabel ini, Pemkab Kukar menyediakan tempat khusus bagi penyandang disabilitas, orang tua, ibu hamil hingga orang cedera.

Seperti penyandang disabilitas tuli terdapat pendampingnya yang akan menjadi Juru Bahasa Isyarat (JBI). Langkah awal ini akan menjadi tumpuan Dispar Kukar kedepan dalam melaksanakan event.

"Event selanjutnya akan disediakan lagi bagi teman disabilitas. Namun kita juga melihat apakah venuenya memungkinkan," tegas Slamet.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menegaskan seluruh event di Kukar diperuntukan bagi semua kalangan.

"Kami ingin memastikan seluruh kalangan, terutama masyarakat difabel juga dapat menikmati berbagai event hiburan di Kukar," jelasnya usai mengunjungi teman disabilitas.

Fasilitas khusus bagi difabel menjadi terobosan yang dilakukan Pemkab Kukar, bahkan digadang-gadang menjadi pelopor di sekitar wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ya, artinya semua event di Kukar juga ramah terhadap difabel," imbuhnya.

Anita, seorang penonton disabilitas yang merupakan teman tuli mengaku sangat senang mendapat perhatian dari Pemkab Kukar.

Baginya, 20 orang teman tuli yang menonton Kukarland Festival 2023 ini merasa sangat terwakilkan.

Dia juga sangat bahagia dengan adanya kehadiran JBI sembari menyaksikan artis yang sangat ditunggunya. Yakni Setia Band, Potret beserta Rhoma Irama dengan Soneta.

"Terima kasih bapak Bupati dan Wakil Bupati telah menaruh perhatian terhadap kami para teman tuli. Sehingga bisa ikut menikmati konser ini," ucap Anita. (editor: jon)




TOPIK BERITA TERKAIT: #kukarland-festival-2023 #kutai-kartanegara #wakil-bupati-kukar-rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN