Senin, 06 Mei 2024 08:15 WIB

Advetorial

Tutup Kegiatan Bugis Vaganza, Wabup Kasmidi Bulang Soroti Keberagaman Budaya di Kutim

Redaktur: Redaksi
| 52 views

Wabup Kasmidi Bulang saat memberikan sambutan adalam acara penutupan Bugis Vaganza. (Istimewa)

Sangatta, Afiliasi.net - Kegiatan Bugis Vaganza yang digelar di Desa Teluk Pandan, Kecamatan Teluk Pandan, resmi ditutup oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, pada Sabtu (18/11/2023) malam.

Kegiatan ini menampilkan berbagai adat dan tarian yang menjadi ciri khas suku Bugis. Bintang tamu artis dangdut ibu kota pun turut dihadirkan untuk memeriahkan acara ini, yaitu Putri Isnari, Fildan Rahayu, dan Selfi Yamma.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Tirah Satriani, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, unsur Forkopimda, Tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Teluk Pandan.

Dalam pidatonya, Wabup Kasmidi Bulang mengapresiasi penyelenggaraan Bugis Vaganza yang telah berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16 hingga 18 November 2023. Menurutnya, Bugis Vaganza digelar untuk melestarikan budaya, khususnya budaya bugis yang ada di Kutim.

"Saya rasa, acara ini tidak salah dilaksanakan di Kecamatan Teluk Pandan, karena memang ada disini (Teluk Pandan) mayoritas penduduknya orang Bugis," ujarnya.

Dikatakan Kasmidi, selama tiga hari kegiatan ini digelar, terdapat banyak sekali budaya-budaya Bugis yang ditampilkan. Mulai dari hikayat budaya Bugis, tarian Bugis, juga diselingi budaya-budaya daerah yang lain.

"Ini menandakan Kutai Timur, penuh dengan budaya. Ini menandakan bahwa kita saling menghargai dan menghormati satu sama lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Pandan, Andi Herman Fadli, mengimbau kepada seluruh pengunjung agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung demi kenyamanan bersama.

"Mari kita buktikan bahwa warga Kecamatan Teluk Pandan cinta damai dan warga khususnya Desa Teluk Pandan siap melaksanakan event-event besar di kemudian hari tanpa adanya keributan," ucap Andi Herman.

Tak lupa, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar, atas dukungannya sehingga kegiatan Bugis Vaganza dapat terlaksana.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua I DPRD Kutim, Asti Mazar yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Teluk Pandan untuk melaksanakan acara sebesar ini. Terima kasih juga kepada Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, yang sudah berkenan membuka dan menutup kegiatan Bugis Vaganza ini," pungkasnya. (Adv)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kutim #bugis-vaganza #kebudayaan-bugis #wakil-bupati-kutim #kasmidi-bulang #asti-mazar 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler