Minggu, 05 Mei 2024 09:19 WIB

Advetorial

Dispar Kutim Bawa Pegiat Wisata Eksplore Gili Trawang

Redaktur: Redaksi
| 400 views

Eksplore Gili Trawangan. (Istimewa)

Afiliasi.net - Memasuki hari ketiga, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama rombongan peserta studi tiru, terdiri dari penggiat wisata dan kelompok sadar wisata Se-Kutim, melanjutkan perjalanan mereka menuju destinasi wisata utama di Pulau Lombok, yaitu Gili Trawangan.

Sebelum berangkat, rombongan berkumpul di Pelataran Puri Indah Mataram untuk mendapatkan informasi terkait rencana kegiatan hari itu. Lalu Mahsun, pemandu perjalanan, memberikan penjelasan mengenai rute perjalanan dan agenda kegiatan pada hari ketiga.

"Hari ini kita akan menikmati keindahan bawah laut Lombok, yaitu Gili Trawangan," ujar Lalu Mahsun pada Sabtu (02/12/2023) pagi. "Di sana, tersedia berbagai atraksi seperti snorkeling, diving, berkeliling pulau dengan sepeda, naik dokar (andong), bahkan berjalan kaki untuk menikmati keindahan Gili Trawangan," tambahnya.

Rombongan bergerak menuju Gili Trawangan dengan beberapa berhenti sejenak di spot-spot foto menarik sepanjang pantai sebelum mencapai pelabuhan penyeberangan, seperti Senggi View dan Lombok Utara Malaka.

Perjalanan berlangsung sekitar 45 menit sebelum tiba di pelabuhan penyeberangan. Sebelum berangkat, rombongan mendapatkan briefing mengenai keamanan dan keselamatan selama beraktivitas di Gili Trawangan dari Lalu Mahsun. Persiapan dilakukan sebelum bertolak menggunakan dua speed boat yang telah disediakan.

Zulfiah Afridha, SST.Par, pendamping dari Dinas Pariwisata yang akrab disapa mba Efi, menyampaikan pesan dan informasi terkait tujuan studi tiru di Pulau Lombok. Ia mengingatkan peserta bahwa meskipun mereka telah menerima banyak materi dan pelatihan selama empat hari perjalanan, pelaku dan penggiat wisata masing-masing desa masih perlu mengoptimalkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.

"Program ini mengajak teman-teman semua untuk melihat, meniru, dan memodifikasi bentuk-bentuk paket wisata berdasarkan pengalaman tour selama empat hari ini. Semoga setelah kembali dari Lombok, kita sudah bisa mengaplikasikan pengalaman ini di pokdarwis kita masing-masing," jelas mba Efi.

Sri Nurtiyanti, salah satu peserta studi tiru dari Bengalon, mengapresiasi upaya Dispar Kutim dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata di Kutim. Ia berharap agar pelaku wisata di daerah tersebut dapat konsisten dan mendapatkan dukungan untuk mengembangkan destinasi wisata di wilayah mereka.

Setibanya di Gili Trawangan, para peserta giat wisata memilih untuk menjelajah keindahan bawah laut Lombok dengan kegiatan diving dan snorkeling. Keberagaman hayati bawah laut Gili Trawangan, termasuk ikan, penyu, dan terumbu karang, terlihat jelas dengan latar belakang pemandangan laut yang sangat indah.

Tak melewatkan setiap momen, para peserta juga mengabadikan pengalaman mereka melalui foto dan video di bawah laut secara bergantian. Selanjutnya, mereka melanjutkan kegiatan berjalan-jalan di sepanjang pantai, berbelanja, dan berfoto dengan sesama peserta serta wisatawan asing yang sedang berlibur di sana. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #eksplore-wisata #dispar-kutim #gili-trawangan #studi-tiru #pemkab-kutim 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Dinsos Kukar Bentuk TKJM Untuk Tangani ODGJ di Daerah

Kutai Kartanegara

Program Rehabilitas Rumah Ibadah di Kukar Terus Berlanjut

Kutai Kartanegara

Terpopuler