Kamis, 19 September 2024 08:43 WIB

Nusantara

Pertama Kalinya! Akibat Ulah Manusia, Ikan Pari Jawa Dinyatakan Punah

Redaktur: Redaksi
| 127 views

Ikan Pari Jawa Resmi Punah (Museum Fur Naturkunde Berlin)

Afiliasi.net - Akibat ulah manusia kepunahan salah satu spesies ikan terjadi di Indonesia. Spesies kerabat pari, Java Stingaree atau jenis ikan pari Jawa resmin dinyatakan punah.

Pengumuman ini disampaikan pada KTT iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab awal Desember. Dikutip dari Radio Free Asia, kepala Unit Daftar Merah IUCN, Craig Hilton-Taylor, menyebutkan punahnya ikan pari Jawa ini menjadi kepunahan hewan pertama akibat ulah manusia.

"Hilangnya salah satu kerabat ikan pari ini menandai kepunahan pertama spesies ikan laut akibat aktivitas manusia,"ungkapnya.

Spesies tersebut telah dimasukkan ke dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah atau Red List of Threatened Species oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Ikan ini hanya memiliki satu spesimen yang dikumpulan pada tahun 1968 di pasar ikan Jakarta.

Disampaikan oleh ketua penilai Julia Constance, kandidat PhD di Charles Darwin University, Australia, menurutnya faktor utama terjadinya kepunahan pada ikan pari Jawa disebabkan adanya penangkapan ikan secara intensif dan tidak diatur, ditambah dengan degradasi. Hilangnya habitat pesisir akibat industrialisasi juga menjadi faktor utama sebab ikan Pari tidak memiliki lagi tempat tinggal.

Daftar Merah IUCN merupakan sumber daya terlengkap di dunia untuk mengetahui penilaian risiko kepunahan dan status spesies hewan, jamur, dan tumbuhan.

Laporan tersebut memberikan data penting mengenai wilayah jelajah, populasi, habitat, ancaman, dan tindakan konservasi mereka untuk pengambilan keputusan dan perubahan kebijakan.

"Perubahan iklim merupakan ancaman terhadap keanekaragaman kehidupan di planet kita. Hari ini, kami membawa bukti dampak perubahan iklim terhadap perusakan alam terhadap spesies," kata Direktur Jenderal IUCN, Gretel Aguilar.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kepunahan #ikan-pari-jawa-punah #ulah-manusia #iucn 

Berita Terkait

IKLAN