Jumat, 03 Mei 2024 05:25 WIB

Nusantara

Puan Tanggapi Isu Koalisi Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud :Membangun Bangsa Itu Tidak Mungkin Sendirian

Redaktur: Redaksi
| 56 views

Potret Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (Sumber Foto: CNN Indonesia)

Afiliasi.net - Partai politik (parpol) antara paslon Pilpres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan paslon pilpres nomor urut 3 Ganjar Pranowo- Mahfud MD memiliki potensi untuk melakukan koalisi. Dugaan tersebut diperkuat dengan adanya pernyataan yang disampaikan oleh ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Wacana tersebut muncul usai debat ketiga selesai digelar. Rencananya koalisi diadakan ketika putaran kedua Pilpres 2024.

Melansir dari CNN Indonesia, Ganjar Pranowo memberikan sinyal akan koalisi yang akan dilakukan antar parpol tersebut. Ia menyebutkan adanya jalinan hubungan termasuk kepada Anies-Cak Imin.

"Oh, sabar. Kita komunikasi sama semuanya," kata Ganjar saat ditemui di kawasan Senayan Park, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Puan Maharani turut menyampaikan bahwa komunikasi terkait peleburan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud sudah berjalan.

"Informal dan formal kami lakukan, bagaimana nantinya setelah 14 Februari itu," ucap Puan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

"Membangun bangsa itu harus bersama-sama tidak mungkin sendirian. Dan membangun bangsa itu tentu saja kita serahkan kepada rakyat, menangkan hati rakyat, pilih pemimpin yang memang bisa pilihan rakyat, sehingga rakyatnya yang akan menjadi juaranya," tambahnya.

Sebagai informasi, Undang-Undang Pemilu mengatur syarat pilpres digelar dua putaran yaitu jika tidak ada pasangan calon yang meraih 50 persen plus satu suara sah nasional. Ada pula syarat paslon harus meraih minimal 20 persen di 19 provinsi jika ingin menang satu putaran.

Direktur Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan koalisi Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin mungkin saja terjadi di putaran kedua Pilpres 2024 nanti.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #koalisi #kubu-anies-dan-ganjar #puan-maharani 

Berita Terkait

IKLAN