Minggu, 05 Mei 2024 09:08 WIB

Nusantara

Mahfud MD Siapkan Surat Pengunduran Diri Sebagai Menko Polhukam, Ini Tanggapan Jokowi

Redaktur: Redaksi
| 62 views

Mahfud MD Siapkan Surat Pengunduran Diri dari Kabinet Jokowi (UMSU.ac.id)

Afiliasi.net – Cawapres nomor ururt 3 Mahfud MD mengumumkan bahwa dirinya telah menyiapkan surat pengunduran diri dari kabinet Jokowi. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Mahfud MD yang telah berencana mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam.

Sebelumnya, Mahfud MD telah mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Tujuan dari keputusan itu supaya dirinya lebih leluasa untuk mengikuti proses Pilpres 2024 sebagai cawapres dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Saya sudah membawa surat untuk presiden, untuk disampaikan ke presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik," ujar Mahfud, pada Rabu (31/1/2024), dikutip dari DetikNews.

Untuk saat ini, surat tersebut belum diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut dikarenakan, Jokowi yang tengah melakukan kunjungan kerja di daerah lain.

Masih mengutip media yang sama, Jokowi telah merespon kabar pengunduran diri salah satu kabinetnya itu. Sebagai pemilik kabinet, dirinya tidak melarang atau menolak keputusan dari Mahfud MD yang ingin turun dari jabatan Menko Polhukam tersebut.

"Itu hak dan saya sangat menghargai," terang Jokowi, pada Rabu (31/1/2024).

Adapun respon dari pasangan Pilpresnya, Ganjar Pranowo, menanggapi keputusan Mahfud MD dengan positif. Dirinya berharap bahwa hak tersebut dapat menjadi contoh bagi paslon Pilpres 2024 lainnya.

"Ini contoh yang baik dan menjadi sebuah pertanggungjawaban barang kali yang lain bisa mengikuti," kata Ganjar di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Ganjar meminta pihak lain yang memiliki konflik kepentingan di Pilpres 2024 ikut mundur. Ganjar juga memuji integritas Mahfud.

"Termasuk siapapun seperti yang saya omongan sejak awal. Mereka yang punya conflict of interest, sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud. Saya sekali lagi hormat Pak Mahfud, anda punya integritas yang hebat," ujarnya.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mahfud-md #cawapres #mundur-dari-jabatan-menko-polhukam #kabinet-jokowi 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler