Minggu, 05 Mei 2024 10:17 WIB

Nusantara

Soroti Pergerakan Bansos, Mahfud MD Kumpulan Bukti Kecurangan

Redaktur: Redaksi
| 118 views

Mahfud MD Soroti Pelanggaran Bansos (Detiknews)

Afiliasi.net - Adanya peningkatan penggunaan dana bantuan sosial (bansos) yang dilakukan pemerintah, menjadi sorotan bagi Mahfud MD. Calon Wakil Presiden nomor urut 3 itu mengaku timnya menemukan pelanggaran dari penggunaan bansos tersebut.

Mahfud MD mengungkapkan bahwa terdapat dana bansos yang seharusnya telah selesai pada November 2023 lalu. Hanya saja penggunaan dana tersebut dilakukan di luar jangka waktu yang telah ditentukan.

"Bansos itu menurut undang-undang APBN berakhir November 2023 tapi diperpanjang tanpa mengubah APBN kan pelanggaran," ujar Mahfud MD melalui kana Youtube Bachtiar, dikutip dari Suara.com, Kamis (7/3/2024).

Kenaikan dana bansos yang baru dibayarkan pada Januari-Februari 2024 tak luput dari perhatian sang cawapres. Diketahui, undang-undang dari dana bansos tersebut telah disahkan sejak Oktober 2023.

Hal ini juga menimbulkan kecurigaan bagi Mahfud MD.

"Harusnya menunggu perubahan APBN (berikutnya). Tapi dipaksakan dinaikkan lalu dibagi. Di situ pelanggaran terhadap undang-undang," katanya.

Akan tetapi, untuk kasus bansos ini jenis pelanggaran undang-undang yang tidak bisa dibawa ke ranah pemilu. Karena itu, akan menjadi salah satu bahan di hak angket DPR RI.

"Kalau bansos itu sementara temuan kami, itu tidak akan jadi bukti ke MK. Itu akan jadi bukti nanti di angket," ujarnya dikutip dari kanal YouTube Bachtiar Nasir pada Kamis (7/3/2024). 

Editor:Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mahfud-md #mk #bansos 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler