Senin, 06 Mei 2024 12:01 WIB

Nusantara

Viral IPK Setara 2.3, Netizen Bandingkan Gibran dengan Mahfud MD

Redaktur: Redaksi
| 75 views

Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD saat Debat Cawapres (Tangkapan LAYAR youtube)

Afiliasi.net - Publik sedang dihebohkan oleh bocoran nilai ijazah Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres nomor urut 2 Pilpres 2024. Tak hanya itu dengan nilai ijazahnha yang setara dengan IPK 2,3, dirinya dibanding-bandingkan dengan cawapres lainnya yaitu, Mahfud MD sebagai cawapres nomor urut 3.

Dari sebuah unggahan akun X bernama @BangBudikur menyebutkan bahwa wali kota solo tersebut memiliki nilai yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari ijazah Gibran yang diperlihatkan ke awak media November 2020. 

Dari ijazah tersebut, diketahui bahwa Gibran merupakan lulusan dari University of Bradford dengan predikat Second Class Honours Second Division. Nilai yang diperoleh lulusan dengan nilai Second Class Honours - Second Division adalah sebesar 48 persen. 

Angka tersebut jika dikonversi pada sistem penilaian yang diterapkan pada perkuliahan di Indonesia, maka setara dengan IPK 2,3.

Kemudian, nilai Gibran tersebut dibanding-bandingkan dengan pencapaian Mahfud. Meskipun begitu tidak ada IPK Mahfud pasti yang ketahui.

Dikutip dari laman MKRI, Mahfud MD tercatat memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Gajah Mada pada tahun 1978. Sepuluh tahun kemudian, dirinya kembali mendapatkan gelar magister di Universitas yang sama, kemudian gelar doktoral didapatkan Mahfud MD pada tahun 1999.

Sementara dalam laman PDDikti, Mahfud MD diketahui merupakan seorang staf pengajar dan guru besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Sebagai pengajar Mahfud MD tercatat memiliki H-index 10.

Beberapa netizen turut memberikan respons dan komentar terkait hal tersebut.

"IPK 2,3 nyari kerja udah gak ada lowongannya," tulis seorang netizen.

"Kebanting banget sama Mahfud," kata netizen lain.

"Kalah sama Maudy Ayunda dong," tutur netizen yang lainnya.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #cawapres #mahfud-md #gibran-rakabuming-raka #ijazah 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler