Selasa, 22 Oktober 2024 12:47 WIB

Nusantara

Menko PMK Usulkan Nasi Jagung Jadi Pilihan Menu Makan Siang Gratis

Redaktur: Redaksi
| 187 views

Ilustrasi nasi jagung. (net)

Afiliasi.net - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengusulkan nasi jagung menjadi opsi menu dalam program makan siang atau makan bergizi gratis yang menjadi andalan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang.

"Karena memang semestinya program makan siang gratis ini harus memberikan pendidikan generasi tentang diversifikasi pangan," kata Muhadjir usai panen raya jagung varietas Hibrida 212, di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur pada 3 Agustus 2024, dilansir dari Antaranews.

Dikatakan Muhadjir, banyak sumber makanan lain pemberi asupan karhobidrat yang tidak kalah dari beras. Artinya, makanan yang disajikan pada program makan gratis ini tidak hanya berpatok pada nasi putih lengkap dengan lauk, sayur, dan susu, tetapi juga bisa menggunakan bahan pangan karbohidrat lain seperti jagung.

"Sebaiknya makan gratis ini harus memberikan pendidikan generasi tentang diversifikasi pangan," ujarnya.

Selanjutnya, ia akan mencoba mengusulkan ide nasi jagung ini kepada Prabowo Subianto. Dengan demikian, hasil panen lokal dapat terserap.

"Sayur dari petani lokal digilir. Juga kebutuhan protein didapatkan dari peternak di sekitar sekolah yang ada,” kata Muhadjir.

 

 

“Contohnya, telur harganya Rp 25.000 per kilogram isi 17 butir. Apabila dibagi, berarti tidak sampai Rp 2.000 per anak. Kemudian, beras Rp 15.000 per kilogram. Satu kilogram beras bisa untuk 12 anak," ujarnya lagi.

Nasi jagung itu kemudian bisa ditambah dengan sayuran sehingga alokasi anggaran makan gratis per porsi untuk satu anak tidak akan tinggi.

"Nanti ditambahi sayur, vitamin, dan lain-lain. Pasti ketemunya tidak akan tinggi," kata Muhadjir. (*)

Editor: Rafika

 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #menko-pmk #muhadjir-effendy #nasi-jagung #makan-siang-gratis #prabowo-gibran 

Berita Terkait

IKLAN