Selasa, 17 September 2024 03:38 WIB

Daerah

Bukti Nyata Kukar Siap Kerja, Bupati Lepas 115 Masyarakat Ikuti Magang di Konawe dan Balikpapan

Redaktur: Redaksi
| 78 views

Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat melepas 115 tenaga kerja yang akan mengikuti magang di Konawe dan Balikpapan, di halaman kantor Distransnaker Kukar, Senin (5/8/2024).

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, melepas 115 tenaga kerja di Kukar yang akan mengikuti magang masa pendidikan dan pelatihan. Agenda ini digelar di halaman kantor Distransnaker Kukar, Senin (5/8/2024).

Dari total 115 peserta, 75 orang akan dilatih menjadi operator kendaraan tambang di perusahaan nikel PT Graha Prima Energy di Konawe, sementara sisanya, yaitu 40 orang, akan mengikuti pelatihan mekanik alat berat di Balikpapan.

Dalam sambutannya, Edi menyampaikan bahwa pengiriman para pekerja asal Kukar ini merupakan bukti nyata dari program 'Kukar Siap Kerja' yang bertujuan untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Program ini dilakukan dengan cara menggandeng perusahaan-perusahaan untuk menyediakan lapangan pekerjaan serta pelatihan.

Menurutnya, sistem perekrutan yang melibatkan pemerintah, seperti program Kukar Siap Kerja, adalah cara yang tepat. Program ini memberikan pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga para peserta siap bekerja.

"Terima kasih kami ucapkan dalam pendidikan dan pelatihan ini atas kerjasamanya dengan para perusahaan yang ada di Kukar, dari segi pagu pembiayaan Pemkab Kukar terbatas untuk melakukan pendidikan dan pelatihan. Begitu pula dengan kualifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga program ini sudah terarah," kata Edi.

Orang nomor satu di Kukar ini berharap agar program Kukar Siap Kerja dapat terlaksana dalam jangka panjang. Oleh sebabnya, ia meminta Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar untuk fokus pada penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, Edi juga meminta Distransnaker aktif berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja dan kualifikasinya, sehingga program pelatihan yang diselenggarakan dapat sesuai dengan kebutuhan industri.

“Rekrut tenaga kerjanya sudah berbasis kepada keterampilan yang sudah menjadi kebutuhan, kepada perusahaan hendaknya bisa selalu mencari tenaga kerja melalui program seperti ini, di mana menyiapkan tenaga kerja itu yang memang sudah terstandar keterampilannya dan sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Kepada para tenaga kerja yang akan dikirim, Edi berpesan agar mereka bisa menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka.

Bupati juga berpesan kepada perusahaan agar menghargai para pekerja sebagai aset berharga yang berkontribusi pada keberhasilan perusahaan.

“Tanamkan pada diri bahwa pekerjaan yang didapat ini sebuah keberuntungan dari yang lain yang masih mencari pekerjaan di luar sana. Begitu pula dengan perusahaan harus bisa menjaga tenaga kerjanya dengan baik. Perusahaan tidak akan ada jika tanpa tenaga kerja begitu pula sebaliknya," tegas Edi.

Sementara itu, Plt Kepala Distransnaker M Hatta, mengatakan Kukar Siap kerja merupakan langkah Pemkab Kukar bersama perusahaan untuk mengentaskan jumlah pencari kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kukar.

“Dengan adanya pelatihan ini, memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan, tidak bisa dipungkiri perusahan memerlukan tenaga kerja yang sudah mempunyai kemampuan dan keahlian di bidangnya serta bersertifikasi," pungkas Hatta. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #bupati-kukar #edi-damansyah #distransnaker-kukar #kukar-idaman #kutai-kartanegara #kukar-siap-kerja 

Berita Terkait

IKLAN