Jumat, 18 Oktober 2024 11:32 WIB

Daerah

KPU Samarinda Gelar Bimtek Sirekap untuk Optimalkan Persiapan Pilkada 2024

Redaktur: Redaksi
| 22 views

Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Akbar Ciptanto

Afiliasi.net - Samarinda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait penggunaan sistem rekapitulasi suara elektronik (Sirekap). Bimtek tersebut digelar di Hotel Harris Samarinda pada Minggu (13/10/2024), dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

 
Komisioner KPU Samarinda Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Akbar Ciptanto, mengatakan bahwa bimtek ini bertujuan untuk memastikan PPK dan PPS memahami cara menginput data hasil pemilu dari tingkat TPS ke dalam aplikasi Sirekap. Langkah ini diambil untuk meningkatkan transparansi proses rekapitulasi suara.

“Bimbingan teknis pengisian sirekap bertujuan agar PPK PPS memahami bagaimana cara memasukkan inputan data C-Hasil atau C-Plano yang ada di tingkat TPS ke dalam aplikasi sirekap. Sehingga, itu adalah wujud transparansi KPU terhadap hasil pemilu yang terjadi di masing-masing TPS,” ucap Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Akbar Ciptanto pada Minggu, 13 Oktober 2024 malam.

Selain memberikan pelatihan teknis, kegiatan ini juga bertujuan menguji kesiapan aplikasi Sirekap serta mengidentifikasi potensi kendala yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada. Pelatihan telah berlangsung sejak 10 Oktober hingga 13 Oktober 2024, dengan melibatkan pemberian materi serta uji coba penginputan data.


Akbar menambahkan, aplikasi Sirekap hanya dapat digunakan pada perangkat Android dengan sistem operasi minimal versi 7. Ia mengimbau PPK dan PPS untuk menggunakan perangkat yang kompatibel selama proses rekapitulasi.

“Tidak harus mengganti HP yang jenisnya android minimal operating sistemnya OS tujuh ke atas. Kan di TPS ada tujuh orang KPPS yang bekerja, jadi tinggal memilih siapa yang nantinya akan memasukkan data sirekap ke sistem,” jelasnya.

 
Dengan pelaksanaan uji coba ini, KPU berharap dapat memastikan kelancaran penggunaan Sirekap selama Pilkada serta mengatasi berbagai kendala teknis yang mungkin terjadi. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpu #pilkada-2024 #bimtek #sirekap 

Berita Terkait

IKLAN