Jumat, 18 Oktober 2024 11:19 WIB

Daerah

KPU Samarinda Siap Distribusikan Logistik Pilkada, Surat Suara Dicetak Mulai 16 Oktober

Redaktur: Redaksi
| 19 views

Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat

Afiliasi.net- Samarinda,  KPU Samarinda memastikan persiapan logistik jelang Pilkada Serentak 2024 terus berjalan sesuai rencana. Hingga saat ini, enam jenis logistik telah diterima di gudang penyimpanan di Jalan Sutami, Sungai Kunjang. Di antaranya adalah kotak suara, bilik suara, tinta, segel kertas, dan segel plastik. Surat suara dijadwalkan mulai dicetak pada 16 Oktober.

 
Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat, mengungkapkan bahwa pencetakan surat suara sempat tertunda karena desain dan foto pasangan calon harus mendapat persetujuan terlebih dahulu. “Begitu disetujui, surat suara akan langsung dicetak dan diperkirakan sampai di Samarinda paling lambat 21 Oktober,” ujarnya pada Minggu (13/10/2024).

 
Sejauh ini, beberapa logistik seperti tinta dan segel plastik telah diterima sejak 21 September, diikuti oleh segel stiker dan kotak suara pada awal Oktober. KPU Samarinda menerima 2.422 kotak suara, yang akan digunakan untuk Pemilihan Gubernur Kaltim dan Pilkada Kota Samarinda. Firman menegaskan, jika ditemukan kerusakan pada logistik, pihaknya akan meminta penggantian dari penyedia.

 
Terkait distribusi surat suara, Firman menjelaskan bahwa pengiriman akan melalui jalur laut, dan diperkirakan tiba antara awal hingga pertengahan November. Setelah tiba, surat suara akan disortir dan dilipat untuk memeriksa kualitas cetakannya. “Kami akan cek jika ada kerusakan, misalnya warna terlalu gelap atau terang, dan segera klaim ke percetakan,” tambahnya.

 
KPU Samarinda memerlukan 2.821.202 surat suara, ditambah dua setengah persen cadangan untuk mengantisipasi kebutuhan tambahan di setiap TPS. Selain itu, KPU juga menyiapkan 1.703 surat suara khusus bagi pemilih tunanetra.
Firman berharap seluruh logistik dapat diterima tepat waktu agar Pilkada dapat berjalan lancar sesuai jadwal.(*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpu #pilkada #samarinda #tps #logistik-pilkada 

Berita Terkait

IKLAN